Serial Animasi yang Membuat Nostalgia

Tidak terasa waktu mulai berlalu perkembangan akan dunia animasi semakin berkembang pesat. Kamu yang kelahiran 90-an yang setiap pagi stay tune di depan televisi menonton kartun kesayangan kamu berbagai stasiun televisi kerap menemani sambil menyantap sarapan sebelum berangkat ke sekolah. Apalagi kalau weekend dari pagi sampai siang televisi serasa milik sendiri. Masih kenal dengan lima kartun dibawah ini?
1.    Hachi Sang Lebah

Serial anime yang adalah sebuah serial anime yang diproduksi oleh Tatsunoko Productions yang berjudul aslinya Konchū Monogatari: Minashigo Hatchi. Serial ini bergenre petualangan yang menceritakan petualanagan seekor lebah muda yang bernama hachi yang dipisahkan dari ibunya ketika sarang lebah asalnya hancur oleh serangan tawon. Pada episode-epispdenya mengikuti Hachi ketika dia mencari ibunya yang hilang, di tengah-tengah alam yang seringkali tak bersahabat. Di berbagai episode, Hachi akan berteman serangga lain, hanya untuk melihat teman barunya mati dengan kekerasan dan kematian yang menyakitkan. Dalam satu episode, ia berteman dengan lebah madu perempuan yang kehilangan saudara-saudaranya pada tentara lebah.
2.    Ninja Cilik Hattori


Serial manga karya Fujiko Fujio yang kemudian diaptasi menjadi serial anime. Di Indonesia, serial ini pertamakali ditanyangkan di salah satu stasiun televisi pada hari Minggu, 7 Juli 1997 pukul 09.00-09.30 WIB. Serial ini bercerita tentang Kenichi Mitsuba (10 tahun) adalah anak biasa yang pergi ke sekolah dasar untuk belajar. Sementara itu seorang ninja kecil bernama Hattori Kanzo berteman dengan Kenichi, dan akhirnya menjadi bagian dari keluarga Mitsuba bersama dengan saudaranya, Shinzou dan anjing ninjanya, Shishi-Maru. Hattori membantu Kenichi dengan berbagai masalah yang dihadapinya dan terus menjaganya sebagai seorang teman yang baik. Yumeko-chan adalah gadis yang disukai oleh Kenichi. Sedangkan Kimimaki, seorang Ninja dari koga dan kucing ninjanya, Kagechio selalu membuat masalah dengan Kenichi. Kenichi meminta Hattori untuk membalas dendamnya. Meskipun Hattori adalah teman yang baik, Kenichi kadang-kadang berkelahi dengan Hatori karena kesalahpahaman yang dibuat oleh Kinimaki. Kadang-kadang Jippou, Togejirou dan Subame juga membantunya.
3.    P-Man

P-Man atau yang dikenal dengan nama Purman merupakan karya dari Fujiko F. Fujio yang diadaptasi menjadi serial anime. Serial ini menceritakan di suatu planet hidup seorang super hero bernama Bird-Man yang bertugas menjaga keamanan di alam semesta ini. Untuk menjaga keamanan bumi, Bird-Man menugaskan seorang anak kelas 4 SD yang bernama Mitsuo yang jika menggunakan jubah dan topengnya dapat berubah menjadi P-Man. Namun karena Mitsuo tetap seorang anak yang mempunyai kewajiban untuk sekolah, dll, jika dia harus menjadi P-Man, Bird-Man memberi dia sebuah robot yang dapat menggantikan tugasnya sebagai Mitsuo. Dalam menjalankan tugasnya P-Man dibantu oleh P-Girl, Booby dan Fat-Man. Sedangkan sebagai Mitsuo dia memiliki tiga orang teman yang bernama Kabao, Sabu dan gadis cantik teman sekolahnya yang disukainya yang bernama Mi-Chan. Mitsuo juga memiliki adik perempuan yang bernama Ganko. Ganko yakin P-Man itu adalah kakaknya sendiri yang bernama Mitsuo, tetapi dia tidak pernah bisa membuktikan hal tersebut.
4.    Fairly Odd Parents

Acara seri televisi kartun yang sangat populer dari Amerika Serikat yang diciptakan oleh Butch Hartman yang ditayangkan di saluran televisi terkenal Nickelodeon. Fairy OddParents (Orang-tua peri) ini selalu mengambil berat tentang kewujudan mereka dan selalu menyamarkan diri mereka sebagai berbagai hewan dan benda di tempat ramai, selalu dengan warna khas mereka untuk mengenali mereka berdua: Cosmo selalu berwarna hijau muda, dan Wanda selalu berwarna merah jambu muda. Kecuali jika mereka menjadi ikan; hanya mata mereka saja yang tetap sama. Selain dari Timmy, tiada orang yang memiliki kejanggalan bahwa burung hijau dan merah jambu yang dapat berbicara, ataupun bantal yang berwajah. Kebanyakan episode berakhir dengan "deus ex machina" karena Timmy mempunyai peri-peri yang dapat memenuhi kehendaknya. Banyak episode berakhir dengan Timmy menjerit "Saya ingin semua ini kembali seperti asalnya!".
5.    ChalkZone

Serial animasi dari Amerika Serikat yang diproduksi oleh Frederator Studios untuk Nickelodeon. Di Indonesia sudah tidak tayang lagi. Serial kartun atau animasi ini sangat mirip dengan sebuah kartun dari tahun 1974 yang berjudul Simon in the Land of Chalk Drawings. Tokoh utama dalam kartun ini adalah seorang murid SD bernama Rudy Tabootie. Ia memiliki sebuah kapur ajaib yang memungkinkannya masuk ke ChalkZona atau "Zona Kapur", sebuah dimensi lain di mana apapun yang pernah digambar dengan kapur ajaib ini menjadi hidup. Serial ini berkisar pada petualangan Rudy bersama Snap kawannya dan teman sekelasnya Penny Sanchez. Pada awalnya kartun ini ditayangkan pada tanggal 1 Februari 2003 dan dihentikan pada 9 September 2004.
(Edwina Permata)



Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.