Masukkan iklan disini!

Press Release: PKPU Jateng dan Yayasan Mardiwaluyo Semarang ajak 50 anak yatim Berwisata Edukasi

sumber : PKPU
Mengusung tema “Wisata Edukasi Bersama Anak Tangguh”, Yayasan Mardi Waluyo dan PKPU Jateng mengajak 50 anak yatim non panti binaan PKPU Jateng berwisata edukasi di Objek Wisata Taman Kelinci, Salatiga dan Museum Kereta Api Ambarawa, Minggu (2/4/2017).
Program Wisata Edukasi ini merupakan program tahunan yang diadakan PKPU Jateng dan Yayasan Mardi Waluyo Semarang. Anak yatim ini berasal dari berbagai daerah Semarang di tingkat SD kelas 3-6. Selain mendapatkan edukasi berupa outbound, peserta juga mendapatkan bingkisan berupa makanan, kaos serta uang santunan dari yayasan Mardi Waluyo.
Sebelum berangkat menuju lokasi wisata, peserta berkumpul di kantor Yayasan Mardi Waluyo. Baru pada pukul 07.00 WIB peserta berangkat menuju lokasi wisata pertama. Acara dibuka dengan sambutan dari Pimpinan Yayasan Mardi Waluyo, Krasti berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan kreatifitas adik-adik satu sama lain. “Kita perlu berwisata agar tidak penat belajar terus disekolah, karena dengan berwisata otak kita jadi fresh dan kembali semangat belajar” ucap Krasti saat memberikan sambutan mewakili Yayasan Mardi Waluyo.
Selain itu, sambutan juga diberikan oleh pimpinan PKPU Jateng, Miftahul Surur. “PKPU memfasilitasi yatim dan dhuafa untuk berwisata edukasi guna memberikan hiburan dan pembelajaran agar anak-anak lebih semangat belajar” tutur Surur yang sekaligus membuka acara pada hari itu. Kegiatan dilanjutkan dengan pembagian Cocard peserta wisata berupa kepada yatim.
Setelah acara pembukaan selesai, kegiatan dilanjutkan dengan games yang dibawakan oleh Hendro serta pendamping lainnya dari tim outbond taman kelinci yang merupakan lembaga outbond edukasi taman Kelinci. “Disini adik-adik diajak bermain, tapi bukan sekedar main-main. Karena games yang diberikan adalah games edukasi yang mengajak anak-anak belajar berkonsentrasi dan mengembangkan krativitas serta menumbuhkan semangat” katanya.
Jaka salah seorang peserta mengatakan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat baginya. “Dapat pengalaman baru, pembelajaran baru serta teman baru, dan pastinya perasaan jadi senang dan semangat untuk belajar, terimakasih PKPU dan yayasan Mardi Waluyo”, ungkap Zaka kelas 3 SD.
Adapun games edukasi diantaranya rintangan pohon, games kecermatan, tubing, menanam padi, menangkap ikan lele. Setelah dari taman kelinci berlanjut ke wisata museum kereta api Ambarawa, disana anak-anak diberi pengetahuan sejarah perkereta apian di indonesia. Diajak berkeliling oleh pemandu yang ada disana, diperkenalkan dari ruang demi ruang dalam stasiun kereta api nampak asli seperti tempo dulu.
Setelah itu, peserta diajak wisata menggunakan gerbong tua, dari stasiun Ambarawa ke Stasiun Tuntang, Salatiga dan berhenti lagi di stasiun Ambarawa. Tampak keceriaan diwajah anak-anak peserta wisata edukasi.
Di akhir acara, Yulis selaku pembawa acara memberikan pesan kepada para peserta untuk tetap semangat belajar, bagaimanapun keadaan mereka itu bukan halangan untuk menjadi pribadi yang sukses, yang mempunyai sejuta mimpi seperti layaknya anak-anak yang lain. Sekaligus memberikan games berhadiah disepanjang perjalanan pulang menuju semarang.
Program Wisata Edukasi merupakan rangkaian program PKPU Jateng di tahun 2017. Rangkaian program Tahun 2017 PKPU Jateng berupa Belanja Bareng Yatim yang akan dilaksanakan pada Bulan Ramadhan serta program Kampung Nutrisi yang akan dilaksanakan bulan Maret sampai akhir tahun 2017 di daerah Meteseh, Semarang. (Maryo PKPU Semarang)

No comments