Press Release: HPFest Dolan Ing Lapas

sumber : HPP17
          Health Promotion Festival (HPFest) merupakan acara tahunan yang dilaksanakan oleh peminatan Pendidikan Kesehatan dan Ilmu Perilaku Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro. Pada Tahun 2017 ini, HPFest dilaksanakan dengan serangkaian acara dalam satu tahun, meliputi HPFest Dolan Ing Lapas, HPFest Touring, HPFest Reminding, HPFest Healthy Evening Season, dan diakhiri dengan Bulan Bahasa.
          Pembukaan HpFest 2017 diawali dengan kegiatan yang telah dilaksanakan pada hari Kamis (20/04) di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang, dengan mengusung tema “HPFest Dolan Ing Lapas”. Kegiatan ini merupakan kegiatan baru dalam HPFest sebagai upaya pomosi kesehatan pada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) di Lembaga Pemasyarakatan khususnya  di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang. HPFest Dolan Ing Lapas mengajak WBP untuk ngobrol bareng bertemakan HIV dan AIDS.
          Acara ini dihadiri oleh seluruh mahasiswa peminatan PKIP 2017 (17 HPP), Ratih Indraswari selaku sekretaris bagian PKIP FKM UNDIP, Aditya Kusumawati selaku dosen PKIP FKM UNDIP, Rosmaida, BCIP, SH selaku Ketua Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang, M.T. Femmy Irianti, selaku petugas kesehatan di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang, dan 80 orang WBP. Acara ini turut mengundang Sutini, selaku pemateri tentang HIV dan AIDS dari Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Semarang. Selain ngobrol bareng, terdapat persembahan drama yang ditampilkan oleh 17 HPP dan paduan suara dari WBP Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang.
          Kegiatan ini berjalan lancar dan mendapatkan antusias yang baik dari penghuni lapas. HPFest Dolan Ing Lapas dilakukan guna meningkatkan pengetahuan WBP tentang perjalanan penyakit dan proses penularan HIV dan AIDS. WBP merupakan salah satu kelompok resiko tinggi HIV/AIDS. Salah satu faktor resiko HIV/AIDS yang sering terjadi di lapas adalah Penyakit Menular Seksual (PMS) sehingga diperlukan sosialisasi terkait penyakit tersebut di Lapas Perempuan Kelas IIA Semarang.
          Dengan adanya acara ini, diharapkan WBP dapat hidup lebih sehat dan menjauhi perilaku yang dapat beresiko HIV dan AIDS. Di samping itu juga bertujuan untuk menekan jumlah Orang Dengan HIV dan AIDS (ODHA) agar tidak semakin bertambah. Dari acara ini juga diharapkan adanya keberlanjutan kegiatan yang bertema kesehatan lainnya, yang dilaksanakan di lapas sebagai salah satu upaya promosi kesehatan di masyarakat. Mari bersama kita ubah dunia menjadi lebih sehat! (Evitasari Ramadhani)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.