Kupas Tuntas RUU Pertembakauan di Senja bersama ISMKMI

sumber : doc.pribadi
Kamis (30/03) BEM FKM Undip divisi POKJA ISMKMI melaksanakan kegiatan “Senja Bersama ISMKMI”. BEM POKJA ISMKMI mengambil tema "RUUP untuk Kepentingan Siapa?". Acara tersebut mengupas tentang Rancangan Undang-Undang Pertembakauan (RUUP) yang mengatur pengelolaan dan industri tembakau. Acara ini menghadirkan Kusyogo Cahyo sebagai pembicara pertama selaku Kepala Bagian Peminatan PKIP. Selain itu hadir pula Muhammad Iqbal Kurniawan mahasiswa FKM Undip angkatan 2013 sekaligus pengurus LITBANG ISMKMI Nasional. Terakhir, Ketua BEM FKM Undip 2016 Adha Triyanto sebagai moderator.
Senja ISMKMI yang dilaksanakan di Gazebo FKM Undip ini dihadiri Mahasiswa FKM Undip lintas angkatan, mulai dari 2014 hingga 2016. Beberapa delegasi mahasiswa fakultas kesehatan masyarakat di Semarang seperti Udinus, Unimus, dan Unnes pun juga hadir.
Dalam acara tersebut Kusyogo mengupas tentang Kronologi RUUP yang dari tahun 2014 sudah mulai muncul namun ditolak. Lalu tahun 2015 muncul lagi dan menjadi prolegnas. Di tahun 2016 bulan Agustus-September diangkat melalui harmonisasi pertembakauan . Kebijakan yang ada dalam RUUP menunjukkan dukungan terhadap industri pertembakauan sedangkan untuk petani jarang disebut.
Dampak Kebijakan RUUP dari segi kesehatan diyakini sangat meracuni masyarakat dan anak-anak. Untuk segi yuridis, dalam UU lain sudah dijelaskan tentang produksi dan distribusi hasil tembakau. Selain itu dasar yang digunakan RUUP adalah mengacu pada PERMEN (Peraturan Mentri), harusnya mengambil dasar kebijakan yang lebih tinggi tingkatnya. Selanjutnya M. Iqbal Kurniawan membahas mengenai sikap ISMKMI terhadap RUUP, kegiatan yang sudah dilakukan ISMKMI dalam menanggapi RUUP, dan Rencana Strategis ISMKMI dalam menangani RUUP sekarang dan yang akan datang.
Di dalam acara tersebut juga ada sesi tanya jawab . Mahasiswa sebagai peserta begitu aktif dan antusias untuk bertanya mengenai RUUP. Acara ini ditutup dengan penyerahan sertifikat kepada para pembicara dan moderator serta foto bersama. (Aulia Firda)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.