Masukkan iklan disini!

Overthinking Datang, Lagu-lagu ini Siap Menemani Kamu untuk Terbawa Suasana!


(sumber: Pinterest)

    Di masa pandemi ini kalian pasti merasakan stres di mana semuanya berubah drastis, bahkan kalian sering overthinking dengan sesuatu hal yang belum terjadi. Biasanya, di saat tengah malam tersebut, pikiran-pikiran aneh bermunculan dan membuat susah tidur. Jika mendapati situasi seperti ini, sebaiknya kamu jangan membiarkan pikiran tersebut terus beranak-pinak dalam benakmu. Selain tak bisa membuat terlelap, overthinking seperti ini bisa bikin stres hingga depresi. Tahukah kamu jika memendam emosi adalah hal yang tidak baik? Isu kesehatan mental memang masih dianggap remeh. Baiknya kita harus mengeluarkan semua yang kita rasakan. Saat tidak ada tempat yang pas untuk bercerita atau diri sendiri sudah tidak sanggup menyemangati diri, mungkin musik bisa menjadi jalan keluarnya. Nah, maka dari itu, izinkan aku membagikan playlist lagu buat kamu-kamu semua yang suka overthinking supaya nggak keterusan. Karena katanya overthinking itu nggak baik lho buat kesehatan kita baik fisik maupun mental.

    1. Fine Today - Ardhito Pramono

There were times when it rains
Just the thing kept me sane
It's too much for a little time of fame
But you saved the day
Yes, you saved the day

Soundtrack dari film “Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini” bercerita tentang kesalahan di masa lalu. Namun, ketika kita mendapatkan dukungan dari orang yang kita cintai, semua kesedihan itu akan hilang dan membuat sadar bahwa semuanya akan baik-baik saja.

    2. Sudah – Ardhito Pramono

Sudah
Lupakan semua derita
Doa semesta menjaga
Luka akan hilang
Perlahan terobati, oh
Belajar memahami masa depan
Takkah yang disimpan akan tenang?
Melahirkan semua nada indah
Mencoba menjadi bahagiamu sendiri

Soundtrack dari film “Story of Kale” bercerita tentang ajakan berhenti bicara dan membiarkan dunia berjalan apa adanya dan mulai melangkah ke hal lain dalam hubungan. Lagu ini mengajarkan kita fokuslah untuk melangkah ke depan dimana kebahagiaan telah menanti dan lagu ini mengajarkan untuk mencoba menjadi “Bahagia-mu” sendiri.

    3. Rehat – Kunto Aji

Tenangkan hati
Semua ini bukan salahmu
Jangan berhenti
Yang kau takutkan takkan terjadi

Makna lagu ini di tengah kekalutan yang sering dialami manusia, seorang manusia memang butuh rehat sejenak. Manusia selalu menyalahkan diri sendiri dan manusia sendiri pula yang harus mengobati lukanya sendiri. Kunto Aji seolah mau mengingatkan, “Sudahlah, bukan salah kamu. Yuk, jalan lagi kalau sudah siap”.

    4. Besok Mungkin Kita Sampai – Hindia

Tak ada yang tahu
Kapan kau mencapai tuju
Percayalah bukan urusanmu untuk menjawab itu
Katakan pada dirimu
Besok mungkin kita sampai
Besok mungkin tercapai

Bagi kamu yang stres karena belum mencapai titik kepuasan hidup atau merasa kalah dari pencapaian orang lain, cobalah untuk tetap tenang dan fokus dengan apa yang sedang kamu lakukan. Lagu ini bercerita tentang ketertinggalan yang pernah dialami seseorang pada pencapaian orang-orang yang ada di sekelilingnya. Lagu ini bisa jadi nasihat untuk kamu yang tengah overthinking dengan masa depan. Semua punya waktunya masing-masing, jadi stop membandingkan dirimu dengan orang lain.

    5. Be Happy – Dixie D’Amelio

Sometimes I don't wanna be happy
Don't hold it against me
If I'm down, just leave me there
Let me be sad
Sometimes I just wanna be lonely
Don't need you to hold me
If I'm low, you don't need to care
Let me be sad

Liriknya bercerita tentang kesehatan mental selama pandemi COVID-19. Lirik ini bermakna dia memberitahu teman-temannya dan orang lain bahwa dia sedang depresi dan tak perlu mengkhawatirkannya.

    6. Let It Go – Idina Menzel

I don't care what they're going to say
Let the storm rage on
The cold never bothered me anyway

Lagu yang jadi soundtrack film “Frozen” ini akan membantumu untuk melepaskan segala penatmu. Saat overthinking, kamu pasti kesulitan untuk mengendalikan pikiran-pikiran liar itu. Sering kali yang dipikirkan adalah omongan orang lain terhadap dirimu hingga membuatmu cemas. Makanya, lagu ini sangat cocok untuk menenangkanmu. Jangan takut karena bisa saja apa yang kamu pikirkan itu bukanlah kenyataannya.

    7. Si Lemah – Ran feat Hindia

Hai, si lemah
Buatlah semesta menerima
Dirimu apa adanya
Relakanlah
Masih banyak senyum di dunia
Yang bisa terima semua indah kurangmu

Lagu ini memiliki makna tentang sisi lemah dari seorang manusia yang seringkali ditutupi dan sengaja disembunyikan rapat-rapat karena tidak ingin orang lain mengetahuinya. Melalui lagu ini, RAN dan Hindia mengingatkanmu mengenai pentingnya berdamai dengan diri sendiri dan menghargai serta menerima semua yang diberikan Tuhan, bukan menutupinya. Penerimaan diri memang tidak mudah, tapi sangat penting untuk kamu lakukan.

    8. Membasuh – Hindia feat Rara Sekar

Telat kusadar hidup bukanlah
Perihal mengambil yang kau tebar
Sedikit air yang kupunya
Milikmu juga, bersama
Bisakah kita tetap memberi walau tak suci
Bisakah terus mengobati walau membiru

Makna lagu ini akan mengajarkanmu bahwa hidup bukanlah untuk mengambil kembali apa yang sudah kita beri dan semesta mungkin telah menggantinya dengan wujud lain yang kadang tidak kita sadari. Lagu ini juga mencoba menyodorkan sebuah ajakan untuk berbagi dengan sesama tanpa pamrih. Let's share together.

    9. Yang Patah Tumbuh, Yang Hilang Berganti – Banda Neira

Yang, yang patah tumbuh, yang hilang berganti
Yang hancur lebur akan terobati
Yang sia-sia akan jadi makna
Yang terus berulang, suatu saat henti
Yang pernah jatuh, kan berdiri lagi
Yang patah tumbuh, yang hilang berganti

Lirik dalam lagu ini bagaikan mantra magis yang dapat memberikan kekuatan untuk kamu yang sedang kehilangan arah dan tujuan hidup. Mendengar lagu ini mengajakmu percaya bahwa akan selalu ada kesempatan kedua untuk bangkit kembali dari keterpurukan, percayalah badai pasti berlalu.

    10. Untuk Hati yang Terluka – Isyana Sarasvati

Jika kau tak dapatkan yang kau impikan
Bukan berarti kau telah usai
Jika kau tak dapatkan yang kau impikan
Bukan berarti kau telah usai

Untuk kamu yang sedang merasa sedih atau berada di keadaan bingung dengan hidup karena belum dapat mencapai impian, lagu ini akan membuatmu segera bangkit dari keterpurukan. Tidak apa-apa jika kita belum dapat meraih apa yang kita impikan, tapi ingatlah untuk bangkit lagi karena hari-harimu belum usai. Semoga dengan mendengarkan lagu ini bisa membuatmu merasa baik dan bangkit dari keterpurukan.

Overthinking di tengah malam memang sangat mengganggu, tetap tenang ya. Nah, itu saja 10 rekomendasi lagu yang cocok untuk didengar saat overthinking menyerang dari aku buat kamu-kamu semua yang suka overthinking. Semoga bisa sedikit meredakan kegelisahan pikiranmu! Stay safe and healthy! (Tasya dan Novita)

No comments