Masukkan iklan disini!

Yuk Jaga Kesehatan Mata di Saat Daring!!! Mahasiswa Undip Edukasi Anak-Anak Cara Menjaga Kesehatan Mata






(sumber : dokumen pribadi)

Semarang (06/02)- Pandemi COVID-19 di Indonesia masih belum berakhir. Kian hari jumlah kasus nya semakin bertambah. Hal ini membuat beberapa orang untuk mengerjakan pekerjaan nya secara online atau daring, tak terkecuali dengan kegiatan belajar mengajar. Kondisi ini membuat orang lebih banyak melihat laptop, komputer, ataupun handphone. Menatap layar terlalu lama membuat kerja organ mata semakin terkuras yang dapat berakibat mata lelah, kurangnya konsentrasi otak, mata kering, dan berkunang-kunang.

Akhir-akhir ini sering terjadi, kasus banyak sekali anak usia dini yang sudah memakai kacamata. Banyak hal yang menyebabkan anak memakai kacamata, salah satunya dengan kebiasaan yang tidak sehat. Bermain game online, menonton televise dengan jarak dekat, mengikuti pembelajaran daring dengan posisi duduk yang tidak sesuai, dan masih banyak lagi. Sistem penglihatan anak masih tumbuh dan berkembang terutama selama 5 sampai 6 tahun pertama. Sehingga sangat disarankan orangtua memberi perhatian khusus dari kebiasaan anaknya yang bisa membuat matanya rabun.

Maka dari itu, Mahasiswa KKN Undip Adinda Ayu Setya Ningrum Fakultas Kesehatan Masyarakat memberikan edukasi terkait “Mata Sehat Belajar Berkualitas (MSBB) : Edukasi mengenai Kesehatan mata pada anak dikarenakan belajar melalui daring(online) ditengah pandemi COVID-19”. Kegiatan ini dilaksakan tanggal 6 Februari 2021, yang berlokasi dirumah Ketua RT 03/RW 02 Kelurahan Jatingaleh, Kecamatan Candisari, Kota Semarang. Kegiatan dilaksanakan pada pukul 16.00-18.00 WIB yang bertujuan untuk memberikan pemahaman lebih terkait pentingnya menjaga kesehatan mata.

(sumber dokumen pribadi

Maraknya antusiasme dari anak anak yang hadir membuat kegiatan berlangsung secara lancar. Sesi Tanya Jawab pada akhir edukasi tak membuat anak anak kehilangan semangat. Dengan adanya program ini, harapannya dapat memberikan dampak positif kepada anak anak agar dapat menerima ilmu pengetahuan dalam kegiatan belajar mengajar menjadi lebih baik lagi.

Penulis : Adinda Ayu Setya Ningrum

Dosen : Ir. Wahju Krisna Hidajat, M.T



No comments