Masak Asyik bersama MAMA SYANTIK (Masak Bersama Makanan Sehat dan Bergizi Baik)

Semarang (30/01) – Pada KKN UNDIP Tim I Tahun Akademik 2020/2021 ini memiliki perubahan karena berada dalam kondisi pandemi Covid 19. Program Kerja yang dilaksanakan pada kegiatan KKN ini adalah terdiri dari 2 kegiatan keilmuan yang diselaraskan dengan kondisi pandemi covid 19 dan SDGs.

Penerapan SDG’s di Indonesia menduduki peringkat 102 dari 196 negara di dunia. Skor yang diperoleh Indonesia juga termasuk sangat rendah. Sudah seharusnya generasi muda memiliki kesadaran untuk ikut berpartisipasi dalam penerapan SDGs, terutama mahasiswa harus mampu melihat permasalahan di sekitarnya dalam hal ini memberikan pembinaan dan mendorong masyarakat untuk ikut melaksanakan SDGs.

Berpacu dalam kerangka SDGs yaitu gizi masyarakat #2 Nol Kelaparan dengan tujuan mengakhiri kelaparan, mencapai ketahanan pangan dan meningkatkan gizi, serta mendorong pertanian yang berkelanjutan. Lewat MAMA SYANTIK (Masak Bersama Makanan Sehat dan Bergizi Baik) mahasiswa KKN TIM I Universitas Diponegoro memberikan penyuluhan lewat video edukasi mengenai gizi seimbang memakai acuan Tumpeng Gizi Seimbang serta resep masakan sehat, praktik dan ekonomis. Sasaran dari program ini adalah ibu-ibu PKK RT 01 RW 06 Kelurahan Kramas. Edukasi dilaksanakan melalui pembagian tautan video Youtube yang dibagikan melalui Whatsapp group PKK RT 01 RW 06 Kramas.

Video MAMA SYANTIK (https://youtu.be/MtUEckt_TXA)

Dengan adanya edukasi ini diharapkan warga dapat meningkatkan pengetahuan tentang gizi seimbang memakai acuan Piramida Gizi Seimbang dengan optimalisasi asupan zat gizi berbasis bahan pangan sehari-hari untuk menjaga kesehatan terutama di masa Covid-19 ini. Meningkatkan status gizi penduduk merupakan basis pembentukan SDM yang berkualitas (sehat, cerdas, produktif, dan mandiri).


Penulis : Alya Binda U. (Fakultas Kesehatan Masyarakat 2017)

Dosen Pembimbing Lapangan KKN : Muhammad Zulfa Alfaruqy, S.Psi., M.A.

No comments