Gempa Mengguncang: Saatnya Bentuk Generasi Sadar Bencana

sumber : PKPU
Gempa mengguncang Semarang, Rabu 26 April 2017 pukul 10.00 WIB. Suasana pagi hari yang semula tenang mendadak gaduh dengan kepanikan karyawan PKPU Human Initiative. Guncangan yang cukup besar mengakibatkan benda-benda berjatuhan, bahkan beberapa kursi bergelimpangan. Beberapa saat setelah gempa mengguncang, listrikpun padam, karyawan segera berlindung di bawah meja terdekat. Seorang captain floor segera menenangkan karyawan yang panic, serta mengarahkan seluruh karyawan yang berada di lantai dua segera menuju assembly point melalui jalur evakuasi yang terdapat di dalam gedung. Satu orang korban patah tulang berhasil dievakuasi karena tertimpa benda berat.
Dalam rangka memperingati 10 tahun UU No. 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana, BNPB berinisiatif menggulirkan Gerakan Nasional Peningkatan Kesadaran, Kewaspadaan, dan Kesiapsiagaan melalui Simulasi Penanggulangan Bencana serentak seluruh Indonesia pada tanggal 26 April 2017 pukul 10.00 WIB. Gerakan Nasional Peningkatan Kesadaran, Kewaspadaan dan Kesiapsiagaan ini memiliki semangat perubahan paradigma Penanggulangan Bencana dari responsif menjadi preventif agar masyarakat lebih waspada dan siap apabila bencana datang sewaktu-waktu. Diharapkan tanggal 26 April dapat dicanangkan menjadi Hari Kesiapsiagaan Bencana Nasional (HKBN) oleh Presiden RI.
Sebagai Lembaga Kemanusiaan Nasional yang konsen di bidang kebencanaan, PKPU Human Initiative Jawa Tengah turut meramaikan HKBN dengan menggelar simulasi Siap Siaga Gempa Bumi. Kegiatan ini dilaksanakan Rabu, 26 April 2017 bertempat di kantor PKPU. Seluruh karyawan mengikuti simulasi dengan antusias. Simulasi digelar dengan apik, melibatkan karyawan dengan pembagian tugas yang berbeda antara lain sebagai captain floor, korban gempa serta tim medis. Hal ini dilaksananakan untuk menanamkan kesiapsiagaan kepada seluruh karyawan serta mensosialisasikan kepada masyarakat umum agar kita lebih siap apabila sewaktu-waktu terjadi bencana, salah satunya adalah gempa, saatnya siaga menghadapi ancaman bencana di sekitar kita.
Miftahul Surur sebagai Kepala PKPU Human Initiative Jawa Tengah menyampaikan dalam sambutannya, “Simulasi ini sebagai bagian dari kewaspadaan terhadap terjadinya bencana, maka kita harus sering melaksanakan simulasi terjadinya bencana yang mengintai di sekitar kita terutama di tempat kerja. Kegiatan ini di lakukan supaya apabila terjadi bencana maka masing masing pekerja sudah siap dan bisa mengamankan diri masing masing. Harapannya, kesiapsiagaan ini juga akan merambah ke masyarakat luas,” #SiapUntukSelamat, salam tangguh, salam kemanusiaan. (Ningrum-PKPU)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.