Dangdut is The Music of My Country

          Istilah dangdut is the music of my country sudah tidak asing lagi didengar. Semakin larut malam musik dangdut semakin asik untuk didengar, syahdu melayu yang mendayu-dayu membuat badan serasa ingin bergoyang. Gerakan kaki dan tangan ke kiri ke kanan seirama mengikuti alunan gendang yang lantang.

1. Begadang


“Begadang jangan begadang, kalau tiada artinya
Begadang boleh saja, kalau ada perlunya”
Pasti kalian tau bahkan sering dengar lagu ini kan, jika tidak bisa dibilang pergaulan kalian terlalu sempit, jarang nongkrong sama temen, dan gak pernah nginep-nginep bareng. Begadang adalah sebuah lagu legendaris yang diciptakan Rhoma Irama pada tahun 1973 bersama grupnya, Soneta (baca: so-ne-tah). Lagu ini berisi pesan-pesan kesehatan yang mendalam bagi kita khususnya anak muda yang hobinya begadang, yang disajikan dengan lirik sederhana dan dibawakan dengan melodi yang enak didengar bahkan dari awal lagu dimulai. Bahkan Begadangini ada di urutan ke-24 dalam daftar 150 Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang masa versi Rolling Stone Indonesia. Jadi, buat kalian yang hobinya begadang, inget kata bang Rhoma, begadang jangan begadang, kalo tiada lawannya.

2. Anggur Merah


anggur merah digengamanku
pecah sudah dan membasahi bajuku
ini kah ibarat dirimutelah diam diambil orang”
Lagu ini menceritakan tentang seorang wanita yang kedahsyatan cintanya bisa memabukkan, bahkan anggur merah pun masih kalah memabukkannya. Ditambah kesempatan sang wanita tersebut untuk dimiliki orang lain.

3. Sekuntum Mawar Merah


“Bunga mawar merah suatu tanda cinta
Yang berarti bahwa kau cinta padaku”
Dari judulnya kayanya udah ketauan, kalo lagu ini bercerita tentang seorang perempuan yang menerima sekuntum mawar merah pemberian pemuda idamannya.

4. Terajana


Terajana
Terajana
Ini lagunya, lagu India”
Bagi kalian yang suka dengan lagu-lagu India, lagu ini cocok buat kalian dan pasti nyangkut di telinga kalian. Soalnya lagu ini kuat banget unsur etnik indianya. Bahkan lagu ini juga ngasih tau kita kalo suling itu dari bambu, dan gendang itu dari kulit lembu. Informatif abis.

5. Kopi Dangdut


“Irama kopi dangdut yang ceria
Menyengat hati menjadi gairah
Membuat aku lupa akan cintaku yang telah lalu”
Pada awal lirik lagu ini mungkin terkesan Romantis abis! Padahal lanjutan liriknya tentang suasana minum kopi sambil dengerin lagu dangdut.

6. Penasaran


“Sungguh mati aku jadi penasaran
Sampai mati pun akan kuperjuangkan”
Kamu merasa sulit dalam urusan percintaan? Selalu ditolak oleh sang idaman? Kami punya solusinya, kamu dengerin aja lagu ini! Dijamin motivasi kamu akan bertambah dua kali lipat demi mengejar cinta sang pujaan, kejar terus kalau kamu belum bisa mendapatkan, daripada kamu nanti jadi penasaran.

7. Jatuh Bangun


“Percuma saja berlayar
Kalau kau takut gelombang
Percuma saja bercinta
Kalau kau takut sengsara”
Masih dalam tema percintaan, kalo kamu merasa kamu sering dicampakkan oleh sang kekasih, dibuang begitu saja bagaikan plastik sampah sisa bungkus burger, namun kamu tetap bertahan dan tidak bergeming. Lagu ini cocok buat kamu, jatuh dan bangun dan jatuh lagi dan bangun lagi demi cinta sejati yang tak akan mati hingga akhir nanti.

8. Bunga Seroja


“Hiasan sanggul remaja putri remaja
Rupa yang elok dimanja jangan dimanja
Pujalah ia oh saja sekedar saja”
Lagu ini sempat populer lagi pas film Laskar Pelangi lagi booming-boomingnya, di film itu si Mahar nyanyiin lagu ini. Untuk kebanyakan orang, lagu ini spesial karena liriknya tuh manis banget, sastra abis. Pokoknya recommended buat didengerin, apalagi buat sore-sore menuju senja. Keren !

9. Ratapan Anak Tiri


Ibu tiri hanya cinta kepada ayahku saja
Selagi ayah disampingku ku dipuja.”
Buat kamu yang perasaannya sensitif dan mudah sedih, kita saranin kamu jangan dengerin lagu ini. Soalnya mendengar lagu ini dapat mengakibatkan perubahan drastis dalam mood kamu dari ceria bisa mendadak nyungsep jadi sedih dan terharu. Ngomong-ngomong lagu ini juga banyak yang bilang selevel sama lagu Pink Floyd yang judulnya Careful With That Axe Eugene. Berkesan gloomy gloomy dark.

10. Darah Muda


“Darah muda darahnya para remaja
Yang selalu merasa gagah
Tak pernah mau mengalah
Darah muda”
Lagu ini memiliki pesan yang sangat penting yaitu Jadikanlah masa muda kita dengan sesuatu yang bermanfaat. Siapkan diri untuk menjadi pemimpin masa depan.

Source : forum.detik.com
(Lelly Prakusya)


Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.