Press Relase: Kelompok Binaan CSR Indonesia Power Kembangkan Usaha Kreasi Daur Ulang Kertas

sumber : PKPU
Semarang (11/4) PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang bekerjasama dengan PKPU Human Initiative mengadakan pelatihan pengolahan limbah kertas untuk kelompok kerajinan daur ulang sampah ‘Kreasindo’. Acara pelatihan yang digelar di RW 03 Kelurahan Kemijen, Semarang Timur dari pukul 09.00 sampai 12.00 WIB ini dihadiri oleh Lurah Kemijen, Ketua RW 03, pengelola CSR PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang, dan PKPU Human Initiative sebagai pendamping program.
Kelompok ‘Kreasindo’ merupakan pengembangan dari bank sampah yang beberapa tahun ini telah menjadi mitra binaan CSR PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang, serta telah memiliki usaha kreasi daur ulang plastik. Sampah plastik di bank sampah tersebut dapat didaur ulang dan memiliki potensi untuk dimanfaatkan oleh kelompok ‘Kreasindo’ yang dikreasikan menjadi kerajinan. Beberapa contoh produk ‘Kreasiando’ diantaranya tas, dompet, dan tempat tissue dari kemasan kopi/minuman serbuk instan. Dengan dimanfaatkannya kembali sampah plastik dari masyarakat akan memiliki nilai ekonomi yang lebih tinggi dan mengurangi permasalahan sampah di lingkungan sekitarnya.
Setelah sukses dengan usaha kreasi daur ulang plastik, PT. Indonesia Power Unit Pembangkitan Semarang dan PKPU human initiative menginisiasi solusi integratif dalam penanganan permasalahan sampah kertas melalui pelatihan kreasi daur ulang kertas. Latar belakang dilaksanakannya kegiatan ini, yakni karena terdapat banyak sampah kertas di bank sampah yang dapat ditingkatkan nilai ekonomi dan seninya. Pelatihan ini dipandu oleh Bintari Foundation yang telah lama berkecimpungan di bidang lingkungan dan pengelolaan sampah. Peserta sangat antusias mengikuti setiap tahapan pelatihan mulai dari proses penghancuran, penyaringan, pewarnaan dengan menggunakan bahan alam, pencetakan bubur kertas hingga membentuk kreasi produk daur ulang kertas yang memiliki nilai seni dan ekonomi.
Dengan diadakannya kegiatan ini, diharapkan mampu memberikan bekal keterampilan dan mendorong masyarakat mengembangkan kreasi dan inovasi produk dengan bahan yang murah dan mudah didapat. Kegiatan ini juga merupakan komitmen PT. Indonesia Power dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat di sekitar perusahaan melalui program-program pemberdayaan yang berkesinambungan dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang ada di masyarakat. (Arrizal/PKPUHI_Jateng)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.