Masukkan iklan disini!

Finansial Teknologi Pada Era Digital

sumber: doc.pribadi
Kamis (27/04) FEB (Fakultas Ekonomi Bisnis) Undip menyelenggarakan Kuliah Umum yang bertajuk Financial Technologi: Inovasi Teknologi di Era Digital. Acara ini dimulai pada pukul 09.00-12.00 WIB di Hall Gedung C Lantai 4 FEB Undip. Kuliah yang disampaikan olehEny V. Panggabean selaku Direktur Eksekutif Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran mengenai FinTech sebagai platfrom digital yang mendukung perekonomian di Indonesia.
Financial teknologi merupakan pengabungan antara dua unsur yaitu finansial dan teknologi yang membuatpenggunaanteknologi semakin efisien dalam pembayaran. FinTech berasal dari kata finansial dan teknologi yang meliputi pembayaran dengan cara menggunakan bank dan bukan bank.
“FinTech dari kata financial dan teknologi meliputi pembayaran dengan cara menggunakan bank dan bukan bank. Artinya FinTech itu adalah perkawinan antara  finansial dan teknologi yang menyebabkan teknologi semakin efisien. Seperti halnya menggunakan online bankingyang sudah menggabungkan antara pengunaan komputer dengan finacial. Misalnya ATM itu sudah teknologi karena adanya jaringan tidak langsung datang berhadapan face to face,” ujar Eny.
Financial Technologi sebagai platfrom digital yang mendukung perekonomian dengan cara meningkatkan produktifitas dan efisiensi, mendorong pertumbuhan ekonomi, menggurangi pengangguran, menjaga stabilitas harga, mendekatkan masyarakat pada layanan keuangan (Inklusi Finansial) dan edukasi masyarakat dan budaya. FinTech dibuat untuk mengatasi permasalahan seperti halnya kemiskinan, rantai distribusi, administrasi,pemasaran, permodelan dan lain-lain.(Edwina dan Uswatun)

No comments