Siapkan Bangsa Berbudaya K3

Photo: Virona
Setiap akhir pekan Gedung Soedharto Universitas Diponegoro senantiasa ramai oleh kegiatan yang diadakan baik untuk acara Tingkat Jurusan, Fakultas, Universitas, bahkan tak jarang Tingkat Nasional. Seperti yang terlihat pada Sabtu, 23 Maret 2013, gedung ini digunakan oleh Mahasiswa Peminatan K3 (Kesehatan dan Keselamatan Kerja) FKM Undip. Acara ini diadakan dalam rangka memperingati Hari K3 Nasional dengan mengusung tema “SINERGI PERGURUAN TINGGI PT. FREEPORT INDONESIA DAN BIROKRASI MENUJU BUDAYA K3 2015”. Peserta yang hadir bervariasi. Bukan hanya di lingkup Semarang yakni Undip, Udinus, dan Unnes saja. Namun, di
antaranya hadir pula peserta dari Unsoed, Unpad, ITS, UMS, USM, Unmer Madiun dan lain sebagainya.
Acara yang digelar oleh bagian Peminatan K3 ini cukup berhasil, dibuktikan dengan jumlah peserta yang hadir mencapai 1.115 peserta. Sebelum acara dimulai, terlebih dahulu peserta seminar diberikan safety induction yang dipimpin oleh Wanda Qurniasari, mahasiswi Peminatan K3 FKM Undip. Hal ini dimaksudkan agar peserta seminar dapat melakukan evakuasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan sewaktu acara berlangsung. Acara selanjutnya adalah sambutan Ketua Panitia, yaitu Nurcahyo Maulana. Pada kesempatan kali ini, usai menyampaikan sambutannya, Dr.dr. Bagoes Widjanarko, MPH. selaku PD I FKM Undip membunyikan gong sebanyak 3 kali yang menandai bahwa acara resmi dimulai.
Amole, pembicara yang mewakili PT.Freeport Indonesia mengawali acara dengan memberikan gambaraan secara sekilas mengenai PT. Freeport Indonesia. Tidak tanggung-tanggung, sebagai pembicara acara ini panitia berhasil menghadirkan Ir. T Saut P. Siahaan, Suhartadi, dan Ukki Yudanto pada sesi pertama. Kemudian dilanjutkan oleh Achmad Suranto, dan Baju Widjasena pada pemaparan materi sesi kedua setelah Ishoma. Peserta yang hadir sangat antusias dengan materi yang diberikan hal ini terlihat dari banyaknya peserta yang ingin mengajukan pertanyaan pada saat sesi tanya jawab. Namun karena keterbatasan waktu yang ada, tidak semua penanya memiliki kesempatan untuk menyampaikan pertaanyaannya.
Tidak lupa panitia menyelipkan hiburan bagi peserta, yakni musik akustik yang dipersembahkan oleh Big Bang Theory. Uniknya, dalam acara ini juga terdapat permainan dengan melakukan gerakan senam yang dipimpin oleh Drs. Suroto, M.Pd. Acara yang berakhir pukul 15.20 WIB itu ditutup dengan pembagian doorprize-doorprize menarik dari panitia. Dian, peserta yang berasal dari D3 Jurusan Teknik Kimia mengungkapkan, “Acara, pembicara, dan materinya bagus banget. Sangat bermanfaat bagi kita kedepannya, sehingga kita lebih mengerti tentang apa itu K3. Semoga acara seperti ini dapat diadakan lebih baik lagi di tahun berikutnya”. (Ryani)
Publica Health

Publica Health

1 comment:

  1. di poles lagi penyajian beritanya... masih terlalu di permukaan dan kurang mengena... :D

    ReplyDelete

Powered by Blogger.