Kokohkan Kerjasama, Kita Melangkah Maju

Sore hari yang lengang seketika terasa berbeda. Terang saja, kampus FKM kedatangan tamu dari Kementrian Luar Negeri BEM KM Undip. Mereka mengadakan roadshow ke setiap fakultas, dan FKM menjadi tempat singgah pertama. Senin, 19 Maret 2013 menjadi saksi terjalinnya silaturahmi antara FKM dan Kemenlu BEM KM Undip. Roadshow tersebut bertujuan mengajak kerjasama tiap fakultas untuk ikut tergerak dalam beberapa program kerja BEM KM Undip. Di samping itu, roadshow Kemenlu BEM KM Undip ini juga menyusun program pelatihan kehumasan, penginformasian seputar Standard Operational Procedure (SOP) Publikasi, mengecek forum lingkar humas, dan ARJUNA (Ajang Kreatifitas Jurnalistik Mahasiswa).
Waktu menunjukkan pukul 16.00 WIB ketika acara berlangsung. Suasana santai dengan formasi diskusi bangku bundar, Kemenlu BEM KM Undip memaparkan program – program kerjanya yang terbaru dari tahun sebelumnya. Beberapa program yang diusung oleh Kemenlu BEM KM Undip adalah buletin online, live streaming, dan “Forum Pangeran Diponegoro”. Berdasarkan pemaparan dari Kemenlu BEM KM UNDIP yang disampaikan oleh mas Ari, “Proker buletin online ini merupakan kumpulan buletin – buletin dari fakultas yang ada di Undip. Dengan adanya wadah kumpulan buletin tiap – tiap fakultas akan memudahkan penyebaran informasi antar civitas akademika di Undip”.
Kemenlu juga memaparkan proker lainnya, yaitu live streaming. Live steaming ini diusung dengan feature terbaru. Kemenlu juga memperkenalkan sistem ticketing online. Sistem ticketing online ini membantu para civitas akademika dalam hal pengadaan seminar dan terkait pemesanan tiketnya. Kemenlu juga membentuk “Forum Pangeran Diponegoro”, yaitu forum dari perkumpulan BEM fakultas – fakultas baik dalam UNDIP sendiri maupun luar UNDIP. Tidak hanya itu, civitas akademika Undip juga bisa ikut ke dalamnya. Forum Pangeran Diponegoro akan menjadi forum diskusi terbuka, di mana semua mahasiswa Undip memiliki akun dan dapat log in. Sepintas forum ini seperti kaskus karena semua mahasiswa diberi kebebasan mengkaji masalah yang ada di Undip. Selanjutnya, proker ARJUNA yang dipaparkan oleh Yulia Septi, bertemakan isu-isu pemilihan presiden yang akan berlangsung 2014 mendatang. Tema tersebut mengajak mahasiswa berpemikiran kritis tentang seberapa besar kesungguhan parpol di Indonesia membawa partainya pada pilpres.
Humas BEM FKM juga berbagi rencana program kerja dengan Kemenlu BEM KM Undip, berkaitan dengan media, ISMKMI, dan jaringan. Ke depannya, program kerja Humas di FKM adalah mengadakan seminar pelatihan kehumasan yakni Tips and Trick Kehumasan, yang akan diselenggarakan di FPIK. Selanjutnya, Humas BEM FKM juga mengadakan peringatan HKN (Hari Kesehatan Nasional). Meski tema HKN tahun ini belum ditetapkan, Humas BEM FKM berencana memecahkan rekor Muri melalui pembuatan baliho logo HKN terbesar. Pelaksanaan peringatan HKN bertepatan dengan Car Free Day di Simpang Lima, bertempat di gedung Badan Pelatihan Kesehatan. Demi keberlangsungan program kerja besar tersebut, Kemenlu BEM KM besedia menjadi fasilitator. Karena sifatnya terbuka dan saling berbagi antara Kemenlu dan BEM FKM, di akhir acara Kemenlu secara gamblang membagikan trik memperoleh jumlah follower yang bombastis. Diharapkan, kerjasama antara FKM dan Kemenlu BEM KM terus berlanjut demi teciptanya Undip yang lebih baik. (Selestin dan Puput)
Publica Health

Publica Health

1 comment:

Powered by Blogger.