Langkah Awal untuk Karya Anak Bangsa

Photo : PH

Memasuki awal perjuangan dengan kepengurusan baru pada Minggu, 10 Maret 2013 UKK Publica Health FKM Undip mengadakan sebuah pelatihan jurnalistik yaitu “Pelatihan Internal 1”. Acara yang bertempat di kelas D201 ini dimulai pukul 08.00 WIB. Meskipun terdapat sedikit kesalahan teknis pada awal acara, namun secara keseluruhan acara berlangsung sukses. Pelatihan ini dilaksanakan dalam rangka menambah skill serta meningkatkan wawasan pengurus Publica Health 2013 agar dapat mengembangkan bakat jurnalistik yang mereka miliki. Meskipun peserta yang hadir jumlahnya kurang dari target, namun hal ini tidak menyurutkan semangat para peserta dalam memahami lebih dalam mengenai jurnalistik.


Pelatihan Internal rencananya akan dilakukan secara berkelanjutan hingga Pelatihan Internal 3 yang dijadwalkan akan dilaksanakan dalam bulan Maret ini. Pelatihan Internal 1 dibagi menjadi dua sesi, dimana setiap sesi diisi oleh pembicara dengan materi yang berbeda, namun saling berkaitan. Sesi pertama, peserta diberikan wawasan mengenai Undang-Undang tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik oleh Ibnu Dwi Santoso. Salah satu alumni Fakultas Hukum Universitas Diponegoro ini, memaparkan mengenai UU 40 tahun 1999 yang mengatur tentang pers, baik mengenai asas, hak, kewajiban, peranan pers, dan sebagainya. Selain itu dipaparkan pula mengenai kode etik jurnalistik yang merupakan suatu acuan seorang jurnalis dalam bekerja.
Setelah itu dilanjutkan dengan pembicara kedua, yakni Heri Chandra Santoso. Beliau telah memiliki pengalaman cukup lama dalam dunia jurnalistik di Indonesia. Beliau memberikan pengetahuan kepada peserta pelatihan seputar keredaksian, yakni bagaimana cara membuat artikel, sifat serta unsur yang harus dimiliki sebuah artikel dan hal-hal lain yang berkaitan dengan keredaksian. Menjelang akhir penyampaian materi, pembicara meminta peserta pelatihan untuk menulis sebuah paragraf mengenai acara hari ini serta melakukan koreksi terhadap tulisan tersebut sehingga peserta mendapatkan lebih banyak pencerahan mengenai kriteria tulisan yang baik.
Sebagai Unit Kegiatan Kemahasiswaan yang bergerak di dalam dunia jurnalistik, pelatihan seperti ini tentu sangat diperlukan. Diharapkan agar pengurus-pengurus Publica Health dapat menghasilkan karya yang luar biasa dan sesuai dengan acuan jurnalistik yang ada. Terus berkarya untuk bangsa tercinta. Salam Persma! Salam Pers Mahasiswa! (Ryani)
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.