Masukkan iklan disini!

TINGKATKAN KESADARAN MASYARAKAT, MAHASISWA KKN-T UNDIP GENCARKAN KAMPANYE SANITASI AMAN DI KELURAHAN MANGUNHARJO KOTA SEMARANG

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi


Mangunharjo (19/12/2023) – Rendahnya pengetahuan masyarakat akan sanitasi aman serta angka sanitasi aman di Indonesia yang masih sangat tinggi dapat menimbulkan menimbulkan permasalahan. Selain itu, akses sanitasi yang aman merupakan salah satu pondasi penting untuk menjaga kesehatan masyarakat. Tinja yang dikelola dengan aman dapat mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti diare, kolera, sampai stunting pada balita yang menjadi salah satu fokus isu  kesehatan di Indonesia saat ini. Disebutkan pada Sustainable Development Goals (SDGs) tahun 2030 tujuan ke 6 tentang air bersih dan sanitasi yaitu memastikan ketersediaan dan manajemen air bersih yang berkelanjutan dan sanitasi bagi semua. Pemerintah Indonesia sendiri juga menargetkan 0% Buang Air Besar Sembarangan (BABS) dan 15% akses sanitasi aman pada 2024.

Kelurahan mangunharjo memiliki kelembagaan pemberdayaan pemasyarakatan yang cukup aktif. Memiliki 13 RW yang setiap wilayahnya cukup aktif dalam segi kelembagaan masyarakat seperti PKK, Posyandu, dan Keamanan yang dikelola oleh bapak-bapak di kelurahan setempat. Pada kelurahan Mangunharjo sudah terdapat ODF atau Open Defecation Free sejak tahun 2019. Selain itu, masyarakat sudah mengetahui akan pentingnya sedot tinja agar tidak terjadi penyumbatan akan tetapi sebagian besar malas untuk melakukan karena merasa septic tank belum penuh dan masih dapat digunakan

Hal ini yang mendorong mahasiswa Kelompok 4 KKN-T UNDIP Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman untuk membuat program Kampanye Sanitasi Aman di Kelurahan Mangunharjo. Bentuk kegiatan yang akan dilaksanakan oleh kelompok 4 KKN-T UNDIP Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman , yaitu edukasi terkait sanitasi yang aman dan kampanye terkait pentingnya sedot tinja dalam rangka menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait  bagaimana sanitasi yang aman dan tips untuk menjaga sanitasi di lingkungan rumah.

Program kampanye Sanitasi Aman dilaksanakan pada hari Jumat, 24 November 2023. Kegiatan tersebut dihadiri oleh Lurah Mangunharjo dan Ibu-ibu Kader setempat. Kegiatan edukasi dilakukan dengan menggunakan metode ceramah yang menjelaskan terkait “5 Pilar Sanitasi Aman” dan mendapatkan feedback yang sangat baik yaitu para anggota kader aktif saat sesi diskusi atau aktif bertanya pada kegiatan tersebut.

Agar materi yang disampaikan dapat menjangkau khalayak masyarakat, maka dilakukan pemasangan poster di tempat-tempat yang strategis. Hal tersebut diharapkan dapat membuat masyarakat mendapatkan informasi dan termotivasi untuk melakukan penyedotan tinja secara berkala.

h

Penulis : Kelompok 4 KKN-T UNDIP Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman

Editor : Tim Cyber LPMPH

No comments