Masukkan iklan disini!

Cegah Kontaminasi pada Makanan, Mahasiswa KKN Tematik Undip Melakukan Sosialisasi Higiene dan Sanitasi Makanan kepada ibu PKK

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi


Semarang (12/23) – Makanan merupakan kebutuhan pokok manusia yang sangat penting untuk kelangsungan hidup. Tanpa kita sadari, makanan juga dapat menjadi penyebab dari berbagai penyakit. World Health Organization (WHO) menyatakan lebih dari 200 penyakit menular dapat terjadi melalui makanan. Penyakit yang ditularkan melalui makanan atau yang biasa disebut dengan foodbone disease merupakan penyakit yang menular dan disebabkan oleh mikroba yang masuk ke dalam tubuh melalui makanan. Untuk mencegah terjadinya kontaminasi makanan, maka diperlukan upaya pencegahan dalam higiene dan sanitasi makanan. Oleh karena itu, mahasiswa KKN Tematik Undip berinisiatif untuk melakukan sosialisasi terkait higiene dan sanitasi makanan kepada ibu-ibu PKK RW 7 di Kelurahan Sambiroto pada tanggal 3 Desember 2023.

Kegiatan ini diawali dengan perkenalan kepada ibu-ibu PKK dan dilanjutkan dengan pemberian materi mengenai prinsip-prinsip higiene dan sanitasi yang meliputi pemilihan bahan makanan, penyimpanan bahan makanan, pengolahan makanan, penyimpanan makanan matang, hingga penyajian makanan. Higiene sanitasi makanan sendiri bertujuan untuk mencegah kontaminasi makanan oleh bakteri, mencegah perkembangbiakan bakteri, dan mencegah terjadinya kontaminasi silang dan rekontaminasi. Ibu-Ibu PKK terlihat antusias dalam memperhatikan materi yang disampaikan. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab. Sebagai tindak lanjut dari kegiatan ini, mahasiswa menyebarkan booklet yang berisi bahan materi kepada ibu-ibu PKK agar mereka dapat melihat kembali materi yang telah disampaikan.


Sumber : Dokumentasi Pribadi

Dengan kegiatan sosialisasi ini diharapkan masyarakat kelurahan sambiroto khususnya ibu-ibu PKK dapat menjaga kebersihan atau higiene sanitasi dalam mengolah makanan agar mencegah terjadinya kontaminasi dan penyakit akibat makanan.


Penulis : Andi Tenri Ulan Welandari

DPL : Nissa Kusariana,S.K.M., M.Si & Triyono,S.H., M.Kn


No comments