Masukkan iklan disini!

Revitalisasi Bank Sampah Mahasiswa KKN Tematik Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi


Semarang (18/12/2023) - Sampah merupakan salah satu masalah sosial yang terjadi di berbagai wilayah di Indonesia maupun dunia. Timbulan sampah yang terus meningkat seiring dengan bertambahnya jumlah penduduk memberikan dampak tersendiri bagi lingkungan maupun manusia. Sampah dapat mencemari lingkungan tanah, air, dan udara jik atidak terkelola dengan baik. Salah satu jenis sampah yang banyak dihasilkan adalah sampah domestik (rumah tangga) seperti plastik kemasan makanan/minuman, botol plastik, kantong belanja plastik, dan sisa sayuran/makanan. Pengelolaan sampah dari tingkat rumah tangga sangat dibutuhkan agar nantinya sampah yang terbuang dan terkumpul di TPA berkurang. Hal ini tentunya akan memudahkan pemilahan dan pengolahan bagi petugas sampah di sana. Pengelolaan sampah di tingkat rumah tangga dapat dilakukan melalui kegiatan Bank Sampah.

Wilayah Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, ternyata warganya belum sepenuhnya memahami dan menjalankan program Bank Sampah. Berdasarkan Permen LH Nomor 14 Tahun 2012, Bank Sampah merupakan tempat pemilahan dan pengumpulan sampah yang dapat didaur ulang dan atau diguna ulang yang memiliki nilai ekonomi. Wilayah RT 1 RW 2 Kelurahan Srondol Kulon belum memiliki Bank Sampah dan sedang dalam tahap perintisan. Dari kondisi tersebut, maka dilaksanakanlah program Revitalisasi Bank Sampah melalui kegiatan sosialiasi. Kegiatan ini dilaksanakan pada Hari Kamis, 7 Desember 2023 pukul 16.00 WIB bertepatan dengan kegiatan bulanan PKK RT 1 RW 2.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Acara diawali dengan kegiatan rutin PKK terlebih dulu kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi yang berjudul “Mengenal Bank Sampah” dan dilanjutkan dengan sharing kondisi terkini kegiatan Bank Sampah di RT 1 RW 2 serta tanya jawab. Acara tersebut disambut dengan antusias oleh ibu-ibu PKK yang hadir, dimana selama pemaparan berlangsung semua ibu mendengarkan dan memperhatikan materi. Selain itu, ketika sesi sharing dan tanya jawab mereka tidak sungkan untuk berbicara dan bertanya. Bahkan, di akhir acara, ketua PKK memberikan tanggapan secara langsung mengenai kegiatan ini yang sangat bermanfaat bagi ibu-ibu setempat dikarenakan awal perintisan Bank Sampah di wilayah RT mereka belum sepenuhnya mengetahui apa itu bank sampah, bagaimana mekanisme kerja, apa saja kegiatan yang bisa dilakukan di Bank Sampah, dan sebagainya. Dengan adanya program ini diharapkan dapat menambah ilmu dan pengalaman bagi ibu-ibu di RT 1 RW 2 dalam mengelola Bank Sampah kedepannya.



Penulis : Sinta Savitaningrum (S1 Kesehatan Masyarakat – FKM Undip)

Dosen Pembimbing Lapangan: Pangi S.T., M.T. dan drh. Siti Susanti Ph.D.

 Lokasi KKN: Kelurahan Srondol Kulon, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang

KKN Tematik Menstrual Hygiene Management dan Sanitasi Aman Universitas Diponegoro Tahun 2023


No comments