Masukkan iklan disini!

Mahasiswa KKNT Universitas Diponegoro Melakukan Sosialisasi Terkait Upaya Pencegahan Hipertensi untuk Kader PKK Kelurahan Mangunharjo

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi


Program edukasi melalui Sosialisasi Pencegahan Hipertensi untuk Kader PKK Kelurahan Mangunharjo, Kecamatan Tembalang yang dilakukan oleh Mahasiswa KKNT Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman Undip yang bernama Enik Arifah dilaksanakan pada hari Minggu, 26 November 2023. Pelaksanaan program ini dihadiri oleh 30 kader PKK yang bertempat di Lapangan Elsar RW V. Program ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat terkait bahaya dan pencegahan hipertensi serta meningkatkan kemampuan komunikasi bagi mahasiswa itu sendiri.

Program ini diawali dengan penjelasan materi hipertensi yang dilakukan dengan penyampaian secara langsung meliputi apa itu hipertensi, gejala hipertensi, faktor penyebab hipertensi dan cara-cara yang dapat dilakukan agar terhindar dari penyakit hipertensi.

Kegiatan sosialisasi dilakukan dengan diselingi oleh sharing pengalaman penderita hipertensi dan diakhiri dengan kuis berhadiah. Selain itu, terdapat pula hasil dari sosialisasi yaitu berupa poster "Ayo Kenali Hipertensi" dan booklet pdf yang berisikan penjelasan hipertensi dan upaya pencegahan dan penanggulangan hipertensi.

Menurut Ketua Program KKN Universitas Diponegoro, Prof. Ani Widiastuti, "Kami sangat bangga melihat antusiasme mahasiswa kami dalam melaksanakan Kuliah Kerja Nyata. Program ini merupakan kesempatan bagi mereka untuk belajar di luar kelas, berkontribusi kepada masyarakat, dan mengembangkan keterampilan sosial mereka."

Menurut Bapak Ketua RW.5 mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada mahasiswa yang telah membantu kelurahan dalam meningkatkan kualitas hidup. "Kami sangat mengapresiasi upaya mahasiswa dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat khususnya di bidang kesehatan karena masyarakat sangat memerlukan sosialisasi terkait upaya-upaya pencegahan dari berbagai jenis penyakit." ujarnya.

Program Kuliah Kerja Nyata Tematik merupakan salah satu bentuk perwujudan nilai dari Tri Dharma Perguruan Tinggi Undip yaitu pengabdian kepada masyarakat. Dengan menggabungkan pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan selama studi, mahasiswa berkontribusi pada peningkatan akses layanan sanitasi lingkungan dan kesehatan. Program KKNT ini diharapkan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan memperkaya pengalaman mahasiswa. ( Enik Arifah )

No comments