Masukkan iklan disini!

KURANGI SAMPAH PLASTIK: MAHASISWA KKN TEMATIK UNIVERSITAS DIPONEGORO KENALKAN DAUR ULANG DI MI MIFTAHUL ULUM 02 KOTA SEMARANG

Sumber : Dokumentasi Pribadi



Semarang (19/12/2023) - Sampah masih menjadi permasalahan yang dihadapi oleh negara-negara di dunia salah satunya di Indonesia. Indonesia sendiri menduduki peringkat kedua sebagai negara penghasil sampah plastik terbesar di dunia setelah Tiongkok. Kondisi tersebut dapat diperparah dengan kebiasaan jajan anak-anak yang berpotensi menghasilkan timbulan sampah plastik. Oleh sebab itu, mahasiswa KKN Tematik Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman Universitas Diponegoro, yaitu Mei Rizki Setyani memperkenalkan program daur ulang kepada anak-anak di MI Miftahul Ulum 02, Kota Semarang.

Program daur ulang sampah plastik menjadi produk yang lebih berdaya guna, yaitu menjadi tempat sampah khusus sampah plastik telah dilaksanakan pada hari Jumat, 24 November 2023 di MI Miftahul Ulum 02 Kota Semarang. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 23 siswa/siswi kelas 4A MI Miftahul Ulum 02.

Program daur ulang sampah plastik diawali dengan penyampaian materi menggunakan media PPT tentang kondisi persampahan di Indonesia, dampak pengelolaan sampah yang buruk, definisi daur ulang, dan manfaat daur ulang. Selain itu, dijelaskan langkah-langkah daur ulang, contoh barang yang dapat didaur ulang, serta contoh produk hasil daur ulang. Anak-anak tampak antusias, mendengarkan, dan memperhatikan penyampaian materi sehingga kegiatan dapat berjalan dengan lancar.

Selanjutnya, dilakukan kegiatan sharing dan praktik daur ulang sampah botol plastik menjadi tempat sampah khusus sampah plastik yang dilakukan bersama dengan anak-anak kelas 4A. Alat dan bahan yang digunakan cukup sederhana, diantaranya sampah botol plastik, lem fox, kardus, kawat, dan plastik sampah.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Kegiatan diakhiri dengan penyerahan poster, booklet, dan tempat sampah khusus sampah plastik hasil praktik daur ulang kepada Kepala Sekolah MI Miftahul Ulum 02. Nantinya poster akan ditempel di area sekolah dan booklet dapat diajarkan dan dibagikan kepada anak-anak, serta tempat sampah hasil daur ulang dapat digunakan untuk mengumpulkan sampah plastik di area sekolah untuk selanjutnya dijual ke pengepul. Diharapkan kegiatan ini dapat memberikan manfaat dan dapat diteruskan oleh pihak sekolah untuk menggencarkan upaya daur ulang guna mengurangi sampah plastik di area MI Miftahul Ulum 02, Kota Semarang. Mei Rizki Setyani )


Editor : Tim Cyber LPMPH

No comments