Masukkan iklan disini!

Kenalkan Tumbler Day, Mahasiswa KKN Bantu Wujudkan Aksi Zero Waste & Pentingnya Konsumsi Air Putih di Sekolah

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi


Semarang (24/11/2023) – Mahasiswa KKN Tematik Menstrual Hygiene Management & Sanitasi Aman, Vitara Thermyastuti, melaksanakan program monodisiplin “Program pemberdayaan & peningkatan kesehatan siswa serta sekolah ramah lingkungan melalui edukasi & advokasi tumbler day” pada siswa MI Miftahul Ulum 02, Kel. Rowosari, Kec. Tembalang, Kota Semarang pada Hari Jumat, 24 November 2023.

Air merupakan komponen terbesar tubuh manusia. Seseorang masih dapat bertahan hidup tanpa asupan makanan, tetapi tidak dengan air. Konsumsi air mineral diperlukan oleh semua manusia, terutama anak-anak dengan aktivitas yang sangat padat. Tak jarang anak-anak mengalami dehidrasi akibat kekurangan cairan dalam tubuh. Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 75 Tahun 2013 tentang Angka Kecukupan Gizi (AKG), anak-anak usia 7-9 tahun perlu meminum air putih sebanyak 1.900ml dan usia 10-12 tahun sebanyak 1.800 ml

Sesuai dengan Peraturan Walikota Semarang Nomor 27 Tahun 2019 Tentang Pengendalian Penggunaan Plastik, guna meningkatkan kesadaran masyarakat dalam mewujudkan lingkungan yang bersih, indah, dan sehat perlu partisipasi masyarakat , termasuk pelaku usaha. Pengendalian tersebut adalah dengan mengurangi peredaran sampah plastik. Hal ini sejalan dengan data Kementerian Lingkungan Hidup & Kehutanan (2021), Di Indonesia sebanyak 11,6 juta ton/hari adalah sampah plastik. Sedangkan menurut data DLH Kota Semarang (2022), produksi sampah anorganik di Kota Semarang mencapai 17% sehari. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan pihak sekolah, masih menumpuknya sampah plastik, terutama bekas minuman setelah jam istirahat. Selain itu, menurut hasil kuisioner, sebanyak 36 dari 45 anak (80%) tidak membawa botol minum & memilih untuk jajanan minuman berperasa serta berwarna.

Berdasarkan hal tersebut, mahasiswa KKN-T Undip membuat program monodisiplin terkait dengan edukasi & Advokasi Tumbler Day di MI Miftahul Ulum 02. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kesehatan siswa serta memberdayakan sekolah ramah lingkungan. Adapun kegiatan tersebut bertujuan untuk membantu mewujudkan aksi Zero Waste di lingkungan sekolah & menumbuhkan kesadaran siswa mengenai pentingnya minum air putih. Aksi Zero Waste sendiri salah satunya dapat dilakukan dengan gerakan Tumbler Day di sekolah, yang mana sekolah merupakan salah satu wadah pembentukan karakter seseorang. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, menjadikan siswa sadar akan pentingnya menjaga lingkungan dan konsumsi air putih.

Program monodisiplin ini diawali dengan observasi siswa MI Miftahul Ulum 02 dan wawancara dengan pihak sekolah. Adapun pelaksanaan kegiatan selanjutnya yaitu pada Hari Jumat, 24 November 2023 dengan mengadakan sosialisasi tumbler day sebagai bentuk edukasi kepada para siswa. Pada saat kegiatan sosialisasi diadakan pre test untuk mengetahui apakah para siswa paham mengenai Tumbler Day, sudahkah membawa botol minum ke sekolah, dann jenis minuman yang disukai oleh para siswa. Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai Apa itu Tumbler Day, jenis-jenis beserta bagaimana cara pemilahan sampah plastik, bagaimana pentingnya konsumsi air putih setiap harinya, dan dampak yang dapat ditimbulkan jika kekurangan konsumsi air putih. Selain itu juga terdapat sesi tanya jawab kepada siswa. Diakhir sesi diadakan kuis untuk melihat sejauh mana pemahaman siswa mengenai pemaparan materi yang sudah diberikan. 

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Setelah pelaksanaan edukasi tumbler day kepada siswa, mahasiswa KKN-T Undip melakukan advokasi kepada Kepala Sekolah dengan menggunakan policy brief. Advokasi tersebut diterima dengan baik oleh kepala sekolah MI Miftahul Ulum 02. “Kami berterima kasih sekali kepada mahasiswa KKN-T Undip karena sudah berusaha untuk membantu mengenalkan Tumbler Day dan mewujudkan kebiasaan minum air putih di sekolah bagi siswa kami, selanjutnya kami akan berkoordinasi terkait gerakan tersebut” ujar Kepala Sekolah MI Miftahul Ulum 02

Kegiatan ini berlangsung dengan lancar dan siswa antusias dalam mendengarkan dan memahami pemaparan materi terkait Tumbler Day. Para siswa sangat aktif bertanya dan menjawab kuis yang diadakan. Selain itu, dalam mendukung terlaksananya program ini, dijalankan juga advokasi kepada pihak sekolah dan mendapat respons yang sangat baik. Adapun luaran dari program ini adalah Policy Brief yang telah disampaikan ke pihak sekolah. Diharapkan dengan pelaksanaan program Tumbler Day ini, pihak sekolah dapat mewujudkan sekolah ramah lingkungan dan kesehatan siswa dalam hal konsumsi air putih dapat meningkat.

 


Penulis : Vitara Thermyastuti

Dosen Pembimbing Lapangan :

1.      Nikie Astorina Yunita D., SKM, M.Kes

2.     Kurniawan Teguh Martono, S.T., M.T

Editor : Tim Cyber LPMPH

No comments