Masukkan iklan disini!

Kenalkan Menstrual Hygiene, Mahasiswa Kelompok 4 KKN-T Undip Ajak Siswa SD/MI & SMP Peduli Kesehatan Reproduksi

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi


Semarang, Jawa Tengah (19/12/2023) – Tim KKN Tematik Menstrual Hygiene Management & Sanitasi Aman Universitas Diponegoro Kelompok 4 melaksanakan edukasi menstrual hygiene pada siswa SD/MI & SMP di Kecamatan Tembalang pada bulan Oktober s.d. Desember 2023 sebagai bentuk kerja sama antara UNDIP dengan UNICEF.

Kegiatan ini merupakan program multidisiplin KKN Tematik Menstrual Hygiene Management & Sanitasi Aman yang merupakan kolaborasi antara pihak Undip dengan UNICEF dalam bentuk program kemitraan di sektor air, sanitasi, dan hygiene. Pada program kemitraan ini, kebersihan menstruasi merupakan salah satu domain kegiatan. Sekolah yang merupakan lembaga pendidikan yang menjadi wadah siswa dalam memperoleh pembelajaran dan menjadi tempat pembentukan karakter menjadi sasaran utama.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Pelaksanaan program edukasi menstrual hygiene ini bertujuan untuk menjangkau remaja terkhususnya putri dalam mendapatkan informasi yang tepat berkaitan dengan kebersihan saat masa menstruasi. Tidak sebatas kebersihan, tetapi sikap dan hal-hal apa saja yang harus dilakukan saat menstruasi juga menjadi informasi yang disampaikan kepada sasaran. Edukasi dilakukan menggunakan presentasi visual dengan bahasa yang mudah dipahami dan ramah anak. Setelah sesi penyuluhan, siswa-siswi diajak berpartisipasi dalam kegiatan interaktif seperti permainan edukatif dan diskusi kelompok. Tujuannya adalah agar siswa dapat mengajukan pertanyaan, berbagi pengalaman, dan merasa lebih nyaman membahas topik kesehatan reproduksi. Mahasiswa kelompok 4 KKN-T juga memberikan perhatian khusus pada siswa-siswi yang mungkin merasa malu atau ragu untuk berpartisipasi.

Dalam sesi praktis, mahasiswa kelompok 4 KKN-T melakukan demonstrasi penggunaan pembalut dengan benar. Beberapa siswa kemudian diberikan kesempatan untuk mencoba sendiri. Kegiatan berlangsung dengan antusiasme tinggi dari siswa-siswi SD/MI dan SMP. Mereka aktif bertanya dan berbagi pengalaman, menciptakan suasana yang ramah dan terbuka. Mahasiswa kelompok 4 KKN-T memberikan apresiasi kepada siswa-siswi yang berpartisipasi aktif, dan memberikan dorongan positif untuk terus peduli terhadap kesehatan reproduksi.

Keluaran dari program ini adalah dibuatnya powerpoint yang berisi materi tentang Menstrual Hygiene Management dan kotak tempat menstrual pad yang diletakkan di kamar mandi siswa. Adanya program ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran para remaja putri untuk meningkatkan kebersihan reproduksi terutama saat masa menstruasi.



Penulis :Kelompok 4 KKN Tematik Menstrual Hygiene Management & Sanitasi Aman

No comments