Masukkan iklan disini!

Demonstrasi Pembuatan Spray Anti Nyamuk dari Bahan Alami: Serai dan Jeruk Nipis, Mahasiswa KKN Tematik Menstrual Hygiene dan Sanitasi Aman

 

Semarang (16/12/2023) – Demam Berdarah Dengue (DBD) adalah salah satu penyakit yang marak terjadi di wilayah tropis dan sebagian wilayah subtropis. Penyakit DBD ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Di Indonesia, DBD masih menjadi masalah kesehatan masyarakat, dimana sejak tahun 1968 telah terjadi peningkatan persebaran jumlah provindi dan kabupaten/kota endemis DBD. Kecamatan Tembalang menduduki peringkat IR DBD kecamatan tertinggi ke tiga di Kota Semarang. Kelurahan Sambiroto merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Tembalang.

Dalam pengendalian DBD dibutuhkan langkah-langkah untuk meniadakan risiko terjadinya penyakit DBD sebagai upaya pengurangan risiko. Melihat pada bulan November, di wilayah Semarang sudah mulai musim hujan, populasi Aedes aegypti akan meningkat karena habitat perkembangbiakannya mulai tergenang air hujan. Hal ini menjadi perhatian bagi saya untuk melakukan antisipasi agar masyarakat di RT 3/RW 6 Kelurahan Sambiroto tidak terkena penyakit DBD.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Upaya yang dapat saya ajarkan adalah cara pembuatan spray anti nyamuk dari bahan alami yang mudah ditemukan, seperti serai dan jeruk nipis. Tanaman serai (Cymbopogon citrates) memiliki kandungan senyawa geraniol dan sitronela, dimana kedua bahan tersebut dapat mengganggu sistem sensoris penciuman serangga yang mengakibatkan kematian pada serangga karena kehilangan cairan.

Tahapan pembuatan spray anti nyamuk : 

1. Cuci dan buang bagian luar dan sebagian daun tanaman serai

2. Untuk mengeluarkan aroma, tanaman serai yang sudah dicuci dapat di blender atau di parut

3. Tambahkan sedikit air

4. Saring serai dengan saringan teh atau kain putih

5. Masukkan larutan serai dan air ke dalam botol dengan perbandingan 1:2, misal 20ml larutan serai, 40 ml larutan air

6. Lebih baik jika air diganti dengan alkohol 70%.

7. Spray anti nyamuk siap digunakan

Note: Jika ingin membuat variasi bisa ditambahkan dengan jeruk nipis, karena jeruk nipis juga memiliki senyawa limonoid yang dapat mengusir nyamuk.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Agar masyarakat lebih paham dan mengetahui secara jelas bagaimana tahapan pembuatan spray anti nyamuk, maka diadakan kegiatan demonstrasi pembuatan dan pembagian starter kit spray anti nyamuk yang dilaksanakan pada 25 November 2023 di Rumah Ibu Kader Kesehatan, yang dihadiri ibu-ibu dawis. Kegiatan demonstrasi disambut antusias, mereka ingin bertanya dan menjawab beberapa pertanyaan saat diadakan mini games. Selain itu, Ibu Kader Kesehatan RT 3, RW 6 Kelurahan Sambiroto juga berterimakasih sudah memberikan kegiatan yang positif untuk upaya pencegahan penyakit DBD di Kelurahan Semarang, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

 

Penulis : Mutiara Ayu Riandita (S1 Kesehatan Masyarakat – FKM Undip)

DPL : Triyono,S.H., M.Kn. & Nissa Kusariana,S.K.M., M.Si 

No comments