Masukkan iklan disini!

Program Monodisiplin Tim KKNT Undip: Edukasi Kesehatan melalui Permainan Kartu Kuartet pada Anak SDN Srondol Kulon 01

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi


Semarang Jawa Tengah , ( 17/11/2023 ) - Anak usia sekolah dasar merupakan kelompok umur yang rawan mengalami masalah kesehatan, utamanya penyakit infeksi. Pada siswa SDN Srondol Kulon 01 ditemukan berbagai masalah kesehatan umum, seperti kutuan, cacingan, pilek, diare, dan lain sebagainya. Masih rendahnya pengetahuan anak terkait upaya pencegahan dari berbagai masalah kesehatan tersebut menjadi salah satu penyebabnya. Oleh karena itu, dibutuhkan edukasi terkait kesehatan gigi dan gizi serta masalah kesehatan umum pada murid SDN Srondol Kulon 01 untuk meningkatkan pengetahuan mereka.

Berdasarkan penelitian, ditemukan bahwa anak mempunyai karakteristik yang cenderung lebih mudah menyerap informasi dan antusias jika suatu edukasi atau penyampaian materi dilakukan melalui permainan. Sehingga kegiatan edukasi dirancang dalam bentuk permainan kartu kuartet anak sehat yang membahas terkait kesehatan (gigi dan gizi) dan masalah kesehatan umum pada anak usia sekolah dasar (SD), selain dilakukan melalui ceramah. Program monodisiplin ini diberi nama “Bermain Kartu Sambil Belajar KMK (Kesehatan dan Masalah Kesehatan) pada Anak Sekolah Dasar” dengan sasaran siswa kelas 3 SDN Srondol Kulon 01. Siswa kelas 3 dipilih karena dirasa sudah cukup mampu untuk menerima materi dan masih memiliki pengetahuan yang rendah.

Program ini dilaksanakan pada hari Jum’at, 17 November 2023 pukul 07.45-10.00 WIB di ruang kelas 3B SDN Srondol Kulon 01 dengan total peserta sebanyak 27 siswa. Kegiatan diawali dengan perkenalan serta praktik berbagai tepuk dan joget ayam sebagai energizer sebelum materi diberikan agar para peserta bersemangat dalam mengikuti kegiatan. Setelah itu, terdapat sesi pemaparan materi terkait kesehatan dan masalah kesehatan umum pada anak SD menggunakan alat bantu media PowerPoint.

Setelah materi tersampaikan seluruhnya, para peserta dibagi menjadi lima (5) kelompok yang dilanjutkan dengan sesi permainan kartu kuartet anak sehat yang dilakukan secara berkelompok dengan dasar materi yang telah disampaikan sebelumnya. Kegiatan diakhiri dengan sesi pembagian hadiah bagi para pemenang permainan, penulisan kesan kegiatan, pembagian souvenir dan snack bagi seluruh peserta, serta dokumentasi bersama. Setelah kegiatan berakhir, masing-masing wali kelas 3A dan 3B diberikan kartu kuartet anak sehat sebanyak dua (2) buah untuk digunakan bermain oleh para siswanya pada saat jam istirahat atau saat classmeet.

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Para peserta antusias saat mengikuti seluruh kegiatan, terutama saat sesi permainan kartu kuartet anak sehat. Sehingga setelah kegiatan berakhir, terjadi peningkatan pengetahuan siswa kelas 3B SDN Srondol Kulon 01 karena telah mengetahui dan memahami berbagai masalah kesehatan umum yang biasa terjadi pada anak usia sekolah dasar (SD) beserta dengan upaya pencegahannya dan cara menjaga kesehatan gigi serta makanan yang bergizi.

Besar harapan Kepala Sekolah SDN Srondol Kulon 01 agar segala informasi yang diberikan oleh mahasiswa KKN dapat diterapkan dan bermanfaat bagi para siswanya. Oleh karena itu, diharapkan wali kelas 3 dapat mengimbau atau mengajak para siswanya untuk bermain kartu kuartet anak sehat yang telah diberikan pada masing-masing kelas agar para siswa teredukasi selalu melalui permainan tersebut. Selain itu, diharapkan wali kelas juga dapat mengingatkan dan membiasakan para muridnya untuk mempraktikkan materi telah diajarkan dalam permainan kartu.

 

 

Penulis: Arina Qisthiyya (FKM/ Kesehatan Masyarakat)

DPL: Pangi, S.T., M.T

Lokasi KKN: SDN Srondol Kulon 01



No comments