Masukkan iklan disini!

Peran Mahasiswa KKN Tematik Menstrual Hygiene UNDIP dalam Mendukung Green School Melalui Pemilahan Sampah di MI Miftahul Ulum 2 Semarang

 

Sumber : Dokumentasi Pribadi


Semarang – 2 anggota Tim KKN Tematik Menstrual Hygiene UNDIP melakukan upaya advokasi dan sosialisasi pemilahan sampah di MI Miftahul Ulum 2  pada Jumat, 24 November 2023 sebagai upaya mendukung terciptanya Green School. Kegiatan ini merupakan program kolaborasi monodisiplin yang dilaksanakan oleh 2 mahasiswa atas nama Anindya Sofwa dan Elizabeth Dora dalam rangka KKN Tematik Menstrual Hygiene Management & Sanitasi Aman. 

Advokasi yang dilakukan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran pihak sekolah terhadap pengelolaan sampah dan pemilahan sampah berdasarkan sumbernya sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Dan Kehutanan Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2021 tentang Pengelolaan Sampah Pada Bank Sampah. Advokasi ini nantinya akan direalisasikan dengan mengadakan fasilitas 3 tempat sampah berdasarkan jenisnya, yaitu tempat sampah anorganik, tempat sampah organic dan tempat sampah residu. Apabila dilihat sesuai dengan kondisi aktual yang ada, di wilayah sekolah belum ada tempat sampah yang sesuai dengan standar. Pihak sekolah menerima baik setiap rekomendasi yang diberikan dan mengatakan bahwa pengadaan fasilitas akan dilakukan setelah pembagunan gedung baru selesai. 

Sumber : Dokumentasi Pribadi

Upaya selanjutnya yang dilakukan adalah sosialisasi terkait pengelolaan sampah di sekolah dan pemilahan sampah dari sumbernya yang difokuskan kepada para siswa/i SD Miftahul Ulum 2. Tujuan utama sosialisasi ini adalah untuk memberikan edukasi kepada para siswa/i terkait pemilahan sampah dari sumbernya sebagai salah satu upaya pengelolaan sampah di sekolah. Dengan adanya inisiasi yang telah dilakukan, diharapkan kesadaran dari warga sekolah dapat meningkat dan terciptanya kebiasaan baik dalam pemilahan sampah di lingkungan sekolah.

 

Penulis :  Anindya Sofwa dan Elizabeth Dora

Editor : Tim Cyber LPMPH

 

No comments