Header Ads

ad

10 Lagu Tahun 2000an, Paling Ampuh ‘tuk Mengenang Masa Lalu


Memori masa lalu tersimpan dalam bentuk kenangan. Kenangan, ada kenangan baik ada kenangan buruk. Kenangan sifatnya hanya untuk disimpan di dalam memori otak, lalu dipetik pelajaran, kemudian dikenang dimasa mendatang.  Kali ini akan disajikan beberapa lagu lawas bukan tahun 90an melainkan tahun 2000an. Lagu lama ini, cocok sekali  didengarkan di kamar, diatas kasur, sambil rebahan yang akan semakin mempersejuk suasana. Berikut beberapa lagnya.
1. Letto – Ruang Rindu

“. . . kau datang dan pergi oh begitu saja . semua ku terima apa adanya . mata terpejam dan hati berguman . di ruang rindu kita beretemu . . .”
Anak muda pasti banyak tahu lagu yang satu ini. Lagu ini pernah laris dipasaran pada zamannya. Lagu tersebut menceritakan kerinduan seorang laki-laki pada wanita yang dicintainya, dibalik itu terdapat kekecewaan si laki-laki ternyata wanita tersebut tidak serius dengannya dan justru sudah bersama orang lain. Ungkapan sedih dan rindu yang yang bersatu membuat lagu tersebut bernada mellow, temponya lambat cocok untuk menghilangkan kepenatan yang menyerang dan pastinya dengan pemilihan diksi yang bagus membuat kita teringat pada sesuatu yang lalu sempat terjadi.
2. Tangga – Kesempatan Kedua
“. . . andai saja akau masih punya kesempatan kedua . pasti akan kuhapuskan lukamu . bersamamu . memelukmu . segenap cinta . . .”
Menceritakan penyesalan seorang laki-laki dan perempuan yang sebenarnya memiliki rasa yang sama. Namun akibat salam paham dan keduanya tidak saling menyadari. Setelah terlambat barulah rasa tersebut terbongkar pada keduanya dan mereka mengininkan kesempatan kedua pada hal yang sudah terjadi. Memang sakit jika mengalami hal tersebut, seseorang yang mudah terbawa perasaan pasti akan mudah terpengaruh suasana hatinya, dan terutama yang pernah mengalaminya pasti akan seketika memorinya akan berputar lagi diotaknya.
3. Ari Lasso ft. Ariel Tatum – Karena aku tlah bersamamu

Suara merdu Ari Lasso dan Ariel Tatum dapat dinikmati melalui lagu ini. Dalam lagu tersebut Ariel Tatum yang menjadi lawan main Ari Lasso melakukan peran sebagai kekasih Ari Lasso dengan baik. Lagu ini mellow diawal namun dibubuhi nada tinggi menjelang akhir, dapat dikatakan cukup galau. Ceritanya Ariel Tatum merasa cemburu ketika sedang bersama Ari Lasso ia selalu menyebut nama wanita lain, dan membuat Ariel Tatum berfikir bahwa ia hanya pelarian Ari Lasso saja. Namun disitu Ari Lasso meminta maaf atas kesalahannya tadi dan ia berjanji tida akan mengulanginya lagi. Dari kisah tersebut pasti bisa membuat baper yang pernah mengalami hal tersebut.
4. Vierra – Semua Tentangmu


Salah satu lagu lama dari group band Vierra yang pernah melambung didunia permusikan Indonesia. Lagu tersebut bercerita tentang perjuangan seseorang yang tak rela apabila kisah cintanya berlalu begitu saja dan lekang oleh waktu. Ia berusah mempertahankan dan menyimpan semua memori kenangan dalam kisah cinta mereka sebelumnya. Lagu pop indo ini lumayan mellow namun iringan alat musiknya tidak terlalu lembut juga. Lagu ini cocok didengarkan ketika sedang membutuhan ketenangan.
5.  Ada Band – Karena Wanita Ingin Dimengerti 

“. . . karena wanita ingin dimengerti lewat tutur lembut dan laku agung. . .”
Semua orang pasti mengetahui lagu ini, lagu dari Ada Band yang didedikasikan untuk semua wanita. Lagu tersebut seperti menyerukan kepada semua laki-laki agar mereka dapat menghargai wanita dan menyayanginya. Karena saat ini pria dan wanita memiliki kedudukan yang sama tidak ada yang lebih rendah dan tidak ada yang lebih tinggi dalam dunia kerja, namun untuk kepala keluarga tetaplah seorang pria yang mampu mengayomi wanitanya dengan baik. Walaupun wanita lebih lemah namun wanita tidak unuk ditindas dan disakiti, baik fisik ataupun perasaannya. Dengan lagu yang bergenre pop indo tersebut seorang wanita merasa ia lebih dihargai.
6. Once – dealova 

Lagu Once tersebut cukup populer, bahkan disukai banyak orang hingga saat ini walaupun sudah lama release di dunia permusikan. Lagu ini cukup mellow, cocok didengarkan pada saat galau atau sedang menyendiri terutama saat sedang dilanda rindu pada sesorang atau kesedihan yang lainnya. Lagu yang berisi ungkapan rindu yang mendalam ini dapat merasuk ke perasaan yang mendengarkannya. Lirik menggunakan bahasa yang indah dan bermakna dalam. Terutama perempuan pasti suka dengan ungkapan ungkapan seperti yang ada dalam lirik.
7. Dewa 19 – Cintakan Membawamu Kembali
“. . .cinta kan membawamu . . kembali disini menuai rindu membasuh perih . bawa serta dirimu . . dirimu yang dulu yang mencintaiku apa adanya. . .”
Lagu Dewa 19 ini cukup lawas dan mungkin tidak banyak yang tau karena tidak sepopuler lagu Dewa 19 yang lain. Namun lagu ini sangat bagus bagi mereka yang mengetahuinya. Dari isi liriknya lagu ini sangat mendalam apabila dirasakan dan dimasukkan kedalam perasaan. Cukup dengan menggunakan alat musik keyboard lagu tersebut menjadi amat mellow. Paling cocok dinikmati ketika galau melanda. Namun ketika dinyanyikan seorang laki-laki dan sekaligus ia memainkan keyboardnya akan menambah kharisma dari diri laki-laki tersebut.
8. ST 12 – Saat Terakhir
Semua pasti lagu sedih milik ST 12 ini. Lagu milik ST 12 ketika belum berubah nama menjadi Setia Band ini menceritakan kesedihan yang mendalam ketika kehilangan sesorang bagian dari diri kita untuk selamanya. Namun lagu ini juga dapat diungkapkan ketika sedang perpisahan yang pastinya akan mengundang air mata untuk mengalir juka diresapi lagunya ditambah dengan suasana yang mendukung. Hingga saat ini lagu tersebut masih dikenal banyak orang dan masih dinikmati pada saat sedang galau, karena lirik yang mendalam menusuk perasaan yang mendengarkan.
9. Drive – Bersama Bintang

Lagu ini pernah populer pada jamannya. Lagu yang dinyanyikan Anji Drive ini juga berisi kesedihan yang mendalam, yaitu ditinggalkan seorang kekasih untuk selamanya. Seberapa besar kesedihan seseorang yang mengalmi hal tersebut. Namun banyak orang yang mengetahui lagu tersebut, namun tidak mengetahui cerita yang sebenarnya dalam lagu tersebut. Karena dalam lirik tidak menceritakan yang sebenarnya hanya ungkapan perasaan yang dirasakan ia yang meninggal. Lirik berisi ungkapan puitis yang indah dan lagu tersebut cocok dinikmati ketika sedang menyendiri atau galau.  
10. Lyla – Bernafas Tanpamu

Lagu yang terakhir ini juga lagu sedih yang memiliki makna mendalam. Sama dengan beberapa lagu diatas lagu ini juga bercerita sakitnya kehilangan orang yang dicinta untuk selamanya. Sedikit makna yang dapat dipetik dari lagu tersebut ialah jangan sia siakan orang yang menyayangi kita walaupaun terkadang harus tidak sejalan dengan kita. Suara Indra Perdana Sinaga yang khas mampu mebawakan lagu tersebut hingga dapat terserap keperasaan bagi yang tahu maknanya. Namun bagi yang benar benar tidak mengetahui maka akan terasa biasa saja, karena lirik lagu yang berisi kata yang bermakna tersurat.
Tersebut beberapa lagu pop yang pernah populer di dunia permusikan Indonesia sebelum tahun 2010 berdasarkan pemilihan saya dan beberapa rekomendasi dari teman saya. Semoga menghibur. (Ratna Amalia)

No comments