Header Ads

ad

Peduli ODHA dengan Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN)

Sumber : doc. pribadi

Sabtu (20/05) telah berlangsung acara Malam Renungan AIDS Nusantara (MRAN) oleh UKM-F StopHIVa yang bertempat di Balai Pertemuan Timoho, Tembalang, Semarang.  MRAN merupakan sebuah acara peringatan tentang HIV&AIDS, terkhusus bagi ODHA. Acara ini dihadiri oleh mahasiswa-mahasiswa Undip dan dari perguruan tinggi lainnya.
MRAN tahun ini mengambil konsep teatrikal yang dikemas dalam bentuk talkshow interaktif. Talkshow dimulai dari pembicara pertama, yaitu Mauliyatul Fitriyani, Peer Education dari yayasan PEKA yang juga merupakan ODHA.
Beliau menceritakan pengalamannya sejak divonis mengidap HIV. Awalnya Ia down dan takut untuk bercerita kepada keluarganya. Namun dengan tekat yang kuat, Ia berjuang dan tekun menjalani pengobatan. Ia juga merupakan single parent dari 2 orang anak . Salah satu dari anaknya juga positif HIV turunan. Selain melakukan pengobatan bagi dirinya, Ia juga harus memberikan pengobatan HIV kepada anaknya. Beliau dan anaknya sudah 3 tahun mengkonsumsi ARV dan akan terus survive untuk kehidupan mereka.
Purwaningsih yang merupakan perwakilan dari perhimpunan konselor HIV&AIDS Indonesia menjelaskan tentang stigma masyarakat yang masih salah saat ini. Menurutnya, sampai saat ini masyarakat Indonesia masih belum bisa menerima pasien HIV/AIDS. Namun Ia menambah kan bahwa sekarang ini sudah lebih baik dibanding dahulu tetapi tetap membutuhkan pergerakan untuk mehilangkan lagi stigma buruk pada penderita HIV&AIDS.
 "Sebagai mahasiswa kesehatan harus terus berjuang dan membantu merubah stigma masyarakat Indonesia terhadap penderita HIV & AIDS dan terus mendukung upaya pemulihan bagi para penderita." pesan beliau.
Talkshow ditutup dengan hikmat dengan penyalaan lilin diiringi lagu Lilin-Lilin Kecil dan Bangkit.(Soraya,Vika,& Firdi)

No comments