Header Ads

ad

OSH FORUM FKM UNDIP ADAKAN SMART SAFETY COMPETITION 2018

Sumber : Panitia SASECOM


Menyadari pentingnya budaya K3, OSH Forum FKM UNDIP melaksanakan kegiatan Smart Safety Competition (SASECOM) 2018, pada 6 Mei 2018 lalu. Bertempat di Gedung Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro, acara ini dihadiri oleh ketua bagian K3 FKM UNDIP dan 10 besar peserta yang telah berhasil menyisihkan peserta lainnya pada seleksi online tahap 1.
          “Sasecom merupakan acara pra seminar nasional K3 OSH Forum FKM Undip dimana sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan peringatan bulan K3 dan Training K3 sebagai bentuk rangkaian acara menuju seminar nasional K3 2018.” Ujar Santi Wulandari selaku ketua Sasecom dan seminar nasional K3 2018.
          Acara ini resmi dibuka pada pukul 08.30 oleh ketua bagian K3, Bina Kurniawan, S.KM, M.Kes. Beliau menyampaikan harapannya dalam pelaksanaan kegiatan ini dimana Sasecom diharapkan sebagai wadah untuk meningkatkan pengetahuan mengenai K3 sehingga dapat membantu mewujudkan visi K3 yakni “Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya K3 Tahun 2020”.
          Perlombaan kali ini diikuti oleh puluhan peserta yang berasal dari berbagai institusi seperti UNS, UNDIP, UNAIR, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, serta Politeknik Energi dan Mineral “Akamigas”.  Seleksi dilakukan melalui 3 tahap yakni tahap 1 seleksi online untuk mendapatkan 10 besar peserta, dilanjutkan tahap 2 seleksi tulis, serta diakhiri pada tahap 3 yaitu final untuk memperebutkan hadiah jutaan rupiah.
          Untuk memasuki babak final, diperoleh 3 tim terbaik yang berhasil melewati tahap 1 dan tahap 2 yakni  1 tim FKM Undip, dan 2 tim D4 K3 UNS. Tahap ini dihadirkan pula 3 juri dengan latar belakang bidang K3 diantaranya Sutarno, SKM, M.KKK (Kemenaker RI), Very Rastanto, S.Pel, M.KKK (PT. Multi Sertifikasi Indonesia), Dr. dr. Daru Lestantyo, Msi (Dosen Bagian K3 FKM Undip). Babak final berlangsung cukup sengit dan menarik karena peserta menunjukkan kemampuan dan pemahamannya mengenai K3 serta diadakan sesi praktik mengenai penggunaan APD dan penanganan cidera baik itu perdarahan, luka bakar, ataupun luka tusuk.
          Pada pukul 16.30, babak final pun berakhir dan juri melakukan penilaian terhadap 3 tim tersebut. Tak lama berselang, MC membacakan perolehan skor dari ketiga tim. Acara ditutup dengan pemberian hadiah kepada pemenang, pemberian kenang-kenangan kepada para juri, dan diakhiri dengan foto bersama. (Panitia SASECOM)
Nama-nama Pemenang Sasecom 2018
Juara 1 (FKM Undip)
1.    Lastiyani Indah Pertiwi
2.    Muhammad Insan Restuaji
3.    Yohanes Kurniawan
Juara 2 (D4 K3 UNS)
1.    Perdani Endah Ningrum
2.    Ridha Noor Hanifa
3.    Alfinza Berliana Widya Prastiwi
Juara 3 (D4 K3 UNS)
1.    Dhisa Claudia
2.    Ashthofi Zainati
3.    Bekti Nugraheni

No comments