Mengunjungi Situs Warungboto – Objek Wisata Estetik Low Budget di Kota Yogyakarta





Sumber: pinhome.id

Tau nggak, sih? Ternyata ada bangunan yang arsitekturnya sekilas mirip dengan Tamansari Yogyakarta, loh. Tempat itu bernama Situs Warungboto atau Pesanggrahan Rejawinangun. Situs ini merupakan tempat persinggahan keluarga kraton, disertai kamar, taman, dan tempat pemandian yang dibangun oleh Sultan Hamengkubuwono II.

Sekilas, Situs Warungboto terlihat tidak menarik. Namun jika diperhatikan, tempat ini memiliki bentuk bangunan yang unik berupa batu tebal dengan pintu beraksen lengkung. Ada dua kolam di depan kamar yang saling terhubung. Kolam pertama berbentuk lingkaran sebagai sumber mata air, sedangkan yang kedua berbentuk persegi.

Kesan klasik dan vintage sangat terasa melalui dinding batu yang tua. Tak heran, jika Situs Warungboto memiliki banyak pengunjung, bahkan digunakan sebagai lokasi foto pre-wedding. Spot foto utama berada di bagian taman yang dikelilingi oleh kamar. Jika bisa menemukan pencahayaan yang tepat, kamu bisa mendapatkan foto yang estetik di lorong disertai dengan cahaya yang masuk dari celah dan pintu.

Situs Warungboto buka setiap hari pukul 08.00 - 17.00 WIB. Tiket masuknya pun gratis dan kamu cukup membayar uang retribusi Rp3000. Alamatnya di Jl. Veteran No. 77, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, DIY 55164. Jika berkunjung, selalu jaga kebersihan dan kesopanan, ya. (Jessyca Widya Pratiwi)

Referensi: https://www.pinhome.id/blog/situs-warungboto/

No comments