Cegah Kelelahan Mata, Mahasiswa Undip Lakukan Sosialisasi Pencegahan Astenopia Secara Daring





Sumber: Dokumen Pribadi

Bandung (15/01) – Era digitalisasi yang terjadi dengan pesat saat ini menyebabkan banyak pekerjaan harus dilakukan secara digital dengan memanfaatkan berbagai gadget, seperti laptop atau komputer. Tuntutan pekerjaan yang semakin tinggi mengharuskan banyak pekerja untuk menatap layar laptop atau komputer dalam jangka waktu yang lama. Terlebih saat ini kebijakan Work From Home (WFH) yang mengharuskan para pekerja melakukan seluruh pekerjaannya secara daring yang tidak terlepas dari penggunaan laptop komputer dalam jangka waktu yang panjang.

Layar gadget mengeluarkan cahaya biru atau blue light yang berbahaya bagi mata jika mata dibiarkan melihat layar secara terus menerus tanpa perlindungan. Hal ini dapat menyebabkan kelelahan mata atau astenopia. Mata lelah atau astenopia ditandai dengan mata yang kering dan perih, bahkan sakit kepala ketika melihat layar gadget. Astenopia memang bukan kondisi yang serius dan dapat diatasi dengan melakukan istirahat. Namun, jika mata cepat merasa lelah dan terjadi terus menerus, produktivitas pekerja pun menjadi terganggu karena konsentrasi pekerja menurun.

PT. Hashmicro Solusi Indonesia merupakan salah satu penyedia software ERP terkemuka di Indonesia yang banyak dari pekerjaan di perusahaan tersebut dikerjakan secara digital. Hal ini berarti pekerja harus menatap layar laptop/komputer selama jam kerja untuk menyelesaikan pekerjaan, sehingga tak jarang ditemukan keluhan mata perih dan kering ketika menatap layar gadget. Hal ini menandakan para pekerja mengalami kelelahan mata atau astenopia.


Sumber: Dokumen Pribadi

Oleh karena itu, mahasiswa Universitas Diponegoro dari program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) mengadakan edukasi tentang astenopia (mata lelah) dan pencegahannya secara daring di PT. Hashmicro Solusi Indonesia via Google Meet. Kegiatan ini merupakan pelengkap dari kegiatan pemberian modul tentang astenopia secara online dan aktivitas ini diakhiri sesi tanya jawab mengenai astenopia serta langkah pencegahannya.

Dengan adanya pencerdasan mengenai astenopia dan kiat-kiat pencegahannya, diharapkan para karyawan di PT. Hashmicro Solusi Indonesia dapat mengetahui apa itu astenopia, memahami penyebab dan dampaknya, serta dapat melakukan langkah-langkah pencegahan yang harus diambil agar dapat terhindar dari kelelahan mata atau astenopia. Dengan menghindari salah satu gangguan akibat kerja ini, kenyamanan mata pun akan selalu terjaga, sehingga produktivitas pekerja tidak akan terganggu walaupun harus bekerja di depan layar komputer/laptop dalam jangka waktu yang lama. (Nindy Almira Aulia)



Referensi:

● Bedinghaus, T. 2021. An Overview of Asthenopia. Very Well Health. Diakses pada 2022. Tersedia dari https://www.verywellhealth.com/do-you-suffer-from-asthenopia-or-tired-eyes-3421982

● Santos-Longhurst A. Getting Relief for Asthenopia. Healthline. Diakses pada 2022. Tersedia dari https://www.healthline.com/health/asthenopia

● Supriati, F. (2012). Faktor-faktor yang berkaitan dengan kelelahan mata pada karyawan bagian administrasi di PT. Indonesia Power UBP Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 1(2), 18791.

● Syaban, A. R., & Riski, I. M. R. (2014). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Gejala Kelelahan Mata (Asstenopia) pada Karyawan Pengguna Komputer PT. Grapari Telkomsel Kota Kendari. Prosiding Sembistek 2014, 754-768.



No comments