Cegah Nyeri Punggung Bawah untuk Tingkatkan Produktivitas Pekerja, Mahasiswa Undip Lakukan Edukasi Pencegahan Low Back Pain Secara Daring



Sumber: Dokumen Pribadi

(Bandung, 12/01) – Adanya kebijakan Work From Home atau WFH akibat pandemi COVID-19 menyebabkan para pekerja yang bekerja dari rumah kurang melakukan aktivitas fisik serta bekerja dalam posisi yang tidak ergonomis dibandingkan ketika bekerja dari kantor (Work From Office), seperti duduk dalam posisi yang membungkuk di atas kasur. Hal ini dapat menyebabkan nyeri punggung bawah atau Low Back Pain (LBP) jika dilakukan dalam durasi yang lama.

Low Back Pain (LBP) merupakan keluhan yang umum dialami oleh masyarakat. LBP termasuk salah satu gangguan muskuloskeletal yang sering terjadi pada pekerja kantoran dan dapat menyebabkan penurunan produktivitas kerja. Posisi duduk yang tidak ergonomis dan duduk dalam jangka waktu yang lama dapat meningkatkan risiko para pekerja kantoran yang bekerja dari rumah mengalami nyeri punggung bawah atau Low Back Pain (LBP).

Nyeri punggung bawah atau Low Back Pain (LBP) adalah rasa nyeri pada pinggang atau tulang punggung bagian bawah. Penyebab LBP yang paling sering ditemukan adalah duduk dalam waktu yang terlalu lama, posisi duduk yang tidak tepat, serta postur tubuh yang tidak ideal.

PT Hashmicro Solusi Indonesia merupakan salah satu vendor software ERP di Indonesia. Mayoritas posisi pekerjaan di perusahaan tersebut mengharuskan para karyawannya untuk bekerja delapan jam per hari di depan laptop/komputer, terlebih saat ini kebijakan WFH masih diberlakukan, sehingga tak jarang ditemukan keluhan berupa nyeri di area punggung bawah. Hal ini menandakan para pekerja mulai terkena LBP.


Sumber: Dokumen Pribadi

Oleh karena itu, mahasiswa Universitas Diponegoro dari program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka (MBKM) di PT Hashmicro Solusi Indonesia mengadakan edukasi mengenai LBP dan cara pencegahannya secara daring via Google Meet. Kegiatan ini juga dilengkapi dengan pemberian modul secara online dan sesi tanya jawab mengenai LBP dan pencegahannya.

Dengan adanya edukasi mengenai Low Back Pain (LBP) dan pencegahannya, diharapkan para karyawan di PT Hashmicro Solusi Indonesia dapat mengetahui apa itu LBP, penyebab dan dampak yang ditimbulkan, serta yang terpenting adalah cara untuk mencegah LBP agar para pekerja dapat terhindar dari LBP, sehingga produktivitas para pekerja dapat terjaga walaupun bekerja dari rumah dalam jangka waktu yang lama. (Nindy Almira Aulia)



Referensi:

● Dyah RW, Natalia D. Nyeri Punggung pada Operator Komputer Akibat Posisi dan Lama Duduk. MKB. 2010;42:124.

● Hoy D, Brooks P, Blyth F, Buchbinder R. The Epidemiology of Low Back Pain. Best Practice & Research Clinical Rheumatology. 2010;24:77.

● Mayo Clinic. Diseases & Conditions. Back Pain. 2018.

● National Institute of Health (2018). National Institute of Neurological Disorders and Stroke. Low Back Pain Fact Sheet.

● Pirade A. Hubungan Posisi dan Lama Duduk Dengan Kejadian Nyeri Punggung Bawah (NPB) Mekanik Kronik Pada Karyawan Bank. Jurnal Biomedik Supl, 2012.

● Sari, NPL, Mogi, TI, Angliadi, E. Hubungan Lama Duduk dengan Kejadian Low Back Pain Pada Operator Komputer Perusahaan Travel di Manado. e-CliniC, 2015, 3.2.

● WebMD. Slideshow: A visual guide to Low Back Pain. 2017.

No comments