Masukkan iklan disini!

Trend “Ghozaly Everyday” : Cari Tahu Apa Itu NFT



Sumber : Suara.com

Belakangan ini dunia maya digemparkan dengan seorang pemuda bernama Ghozali yang meraup keuntungan miliaran rupiah dengan menjual foto selfie-nya sebagai produk NFT pada marketplace OpenSea. Dilansir dari Kompas.com, akun OpenSea miliknya, "Ghozali Everyday" terdapat 933 NFT yang merupakan foto selfie-nya dari tahun 2017 sampai 2021. Satu foto selfie Ghozali dapat dihargai dari 0,13 Ethereum atau sekitar Rp6 juta hingga 0,7 Ethereum atau sekitar Rp31 juta.


Lalu, apa itu NFT? NFT atau Non-Fungible Token merupakan aset digital yang berbentuk barang berharga atau karya seni dengan nilai tukar yang tidak tergantikan. Untuk merekam transaksi, NFT menggunakan teknologi blockchain Ethereum. Berbagai barang dapat digunakan sebagai produk NFT seperti foto, gambar, rekaman suara, video, dan lainnya. NFT menyertakan sertifikasi sebagai bentuk keaslian dan kepemilikan dari barang tersebut. Sekarang ini banyak situs yang dapat digunakan untuk transaksi jual beli NFT seperti Nufty Gateway, OpenSea, dan Mintable.


Terdapat berbagai alasan mengapa orang membeli NFT, di antaranya sebagai karya seni, bisnis, hobi, dan hiburan. NFT juga memiliki beberapa keunggulan yaitu termasuk barang langka dan tidak bisa dipalsukan, hak cipta yang hanya bisa dipegang dan dikelola oleh pembeli, dan keamanan terhadap aset yang tinggi.


Bagaimana, tertarik dengan NFT? Yuk, jangan ragu untuk mempelajarinya lebih lanjut. (Buletin ‘22)


Sumber :

https://amp.kompas.com/money/read/2022/01/13/083234526/mengenal-lebih-dekat-apa-itu-nft

https://www.cnbcindonesia.com/tech/20220117115005-37-307907/apa-itu-nft-hal-yang-bikin-ghozali-tajir-melintir-bak-sultan

https://glints.com/id/lowongan/nft-adalah/#.YejZ9v4za5c

https://www.gramedia.com/literasi/apa-itu-nft/

No comments