Cerdas Cermat SASECOM Bersama OSH Forum FKM Undip

Sumber : doc.pribadi
Sabtu (20/05) telah dilaksanakan babak final Smart Safety Competition (SASECOM) yang bertempat di Hall Gedung D, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.Tema pada SASECOM tahun ini adalah “How To Optimize Occupational Safety And Health InMining, Geothermal, And Construction Bussines?”
“Alhamdulillah sejauh ini sudah sesuai. Pesertanya beragam dari berbagai universitas dari seluruh Indonesia PPNS Surabaya, Universitas Bandar Lampung, UPI, Udayana dan lain-lain sudah sesuai target yang ditetapkan. Harapannya SESACOM ini dapat menjadi pioneer. Sebenarnya ini juga merupakan ajang untuk mengenalkan eksistensi OSH Forum di Nasional bahwa disini ada yang namanya OSH Forum FKM Undip. Kenapa cerdas cermat karena orang K3 itu tidak hanya dituntut untuk bisa tangkas saja, tetapi brain-nya juga harus jalan. Harus cerdas, cermat, tanggap, tangguh, dan sigap. SESACOM ini sendiri merupakan rangkaian dari acara menuju puncaknya yaitu Seminar Nasional dimana sebelumnya juga ada acara VISACOM, karena Semnas setiap tahunnya pasti ada, merupakan acara rutin," papar Ida Rahmawati selaku ketua Seminar Nasional K3.
Acara ini dimulai dari pendaftaran peserta sejak tanggal 25 Maret sampai 06 Mei 2017. Peserta berasal dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Lalu, diadakan seleksi online secara serentak pada tanggal 09 Mei 2017. Dari seleksi online tersebut terpilihlah 10 besar finalis SASECOM yang akan masuk pada babak penyisihan pertama yang diadakan tanggal 20 Mei 2017 di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro.
Acara dimulai pukul 07.30 WIB dengan sambutan kepala bagian K3, Bina Kurniawan. Di babak penyisihan 10 besar, peserta mengerjakan soal esai di ruang pascasarjana. Setelah diadakan babak penyisihan pertama, akhirnya terpilihlah 3 tim yang akan maju ke babak final. Ketiga tim yang lolos ke babak final adalah perwakilan dari FKM Undip, D4 Hiperkes UNS, dan FTI ITB.
Pada sesi babak final, bentuk lomba adalah pertanyaan lisan dan praktek dengan rincian sesi:pertanyaan wajib, pertanyaan lemparan, pertanyaan praktik, dan pertanyaan rebutan. Kegiatan ini Dengan didukung pula oleh juri-juri yang memiliki latarbelakang pada Bidang Keselamatan Kerja yaitu:
1. dr. Baju Widjasena M.Erg (Dosen FKM Undip)
2. Evi Yulia Arini SH, Mkes (Disnakertrans Semarang)
3. Azmi Faiq SKM (EHS Officer Central Java Power)
Pertandingan berlangsung seru dan menegangkan karena skor masing masing tim sangat berdekatan. Akhirnya pukul 16.00 WIB, diumumkanlah juara bersdasarkan perolehan skor. Acarapun ditutup dengan penyerahan hadiah pada para juara dan ditutup dengan acara foto bersama.(Khoirotun Nisak)

Berikut adalah juara pada SASECOM 2017:
Juara 1 dariKesehatan Masyarakat FKM Undip
1. Kartika Weningtyas
2. Yunita Setiarsih
3. Wahid Kurniawan
Juara 2 dari Teknik Industri/FTI/ ITB
1. Tantowi Jauhari
2. Revalda Putawara
3. Muhammad Rhezomova Irzaan
Juara 3 dari D-IV Keselamatan Dan Kesehatan Kerja/FK/ UNS
1. Edo Riyandani
2. Bekti Nugraheni
3. Christine Nathalia Nara Mesah
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.