Buat Resume dan CV Bahasa Inggrismu Besama CED dan EF

sumber: doc.pribadi
Jumat (12/05) BEM FKM UNDIP divisi CED menyelenggarakan acara yang bekerja sama dengan EF (Education First) yang bertajuk pembuatan CV dan resume menggunakan bahasa Inggris. EF sendiri merupakan salah satu bimbingan belajar bahasa Inggris yang berfokus pada speaking. “Acara ini sendiri sebenarnya bukan merupakan program kerja dari CED BEM FKM, namun karena kita sudah bekerja sama dengan EF maka kami dengan senang hati menyelengarakan acara ini,” ujar Tiara selaku penanggung jawab acara yang ditemui usai acara.
Alasan memilih tema pembuatan resume dan CV, yakni karena masih banyak mahasiswa yang memang belum tahu cara membuat resume dan CV yang baik apalagi menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, pemilihan tema juga berdasarkan dengan manfaat yang akan diperoleh oleh mahasiswa jika mengikuti pelatihan tersebut.
Menurut Evan panitia acara, “Sebenernya acara ini sangat bermanfaat bagi seluruh mahasiswa karena ini bertujuan untuk mengajarkan cara membuat resume dan CV yang baik. Pada dasarnya semua acara yang diselenggarakan oleh BEM dan lembaga lain adalah acara yang dapat mengasah kemampuan softskill dari para mahasiswa sehingga diharapkan mahasiswa FKM lebih aktif lagi jika diselenggarakan acara-acara tertentu.“
Dalam acara ini, EF memberikan beberapa langkah-langkah dalam membuat CV yang menarik. Langkah-langkahnya antara lain:
1. Masukan informasi nama, contact person, riwayat pendidikan, prestasi, pengalaman kerja, dan skill yang relevan dengan tempat kamu melamar kerja.
2.   Cek kembali penggunaan ejaan, grammar, dan tanda baca untuk menghindari kesalahan.
3.    Gunakan huruf dengan jenis yang mudah dibaca dan terlihat profesional, seperti Arial, Times New Roman, dan Calibri, serta ukuran yang sama. Ukuran judul 12 dan nama 22. Sedangkan bullets untuk list.
4.    Gunakan contact personresmi dan pantas.
5.    Ceritakan kemampuan yang dimiliki, pengalaman organisasi, pengalaman kerja yang relevan.
6.    Terpenting adalah jujur.
Tidak hanya memberikan langkah-langkahnya saja, EF juga memberikan tips-tips yang sepele, namun seringkali dilakukan dan justru harus kamu hindari. Tips-tipsnya diantaranya, yaitu jangan mencantumkan foto diri, hobi, kecuali hobi tersebut berhubungan dengan kerja yang diinginkan, umur dan jenis kelamin, referensi, judul “resume”. Hindari penggunaan akronim dan singkatan, kata klise, dan pengulangan informasi.
Harapannya acara yang diadakan oleh BEM dan EF ini dapat bermanfaat untuk para peserta yang dapat mengetahui sistematika penulisan resume dan CV menggunakan bahasa Inggris yang baik dan benar. (Edwina dan Uswatun) 
Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.