Bagaimana Kelanjutan Perenovasian Lapangan Parkir di Kampus Ungu?

Photo : PH
Lapangan parkir FKM kini terlihat berbeda, yang ada hanya tinggal kerangkanya saja. Hal tersebut memicu pertanyaan: sebenarnya mau dibuat seperti apa parkiran FKM? Kamis (31/3) PH telah menanyakan kepada Bapak Sarjono selaku sarpras FKM mengenai perenovasian lapangan parkir FKM. Sarjono mengatakan bahwa parkiran direnovasi memang sudah menjadi anggaran untuk tahun ini.
“Disamping pohon yang memang sudah seharusnya ditebang, karena resikonya kan kena motor juga mahasiswa. Resikonya sangat tinggi. Jadi, ini memang sudah direncanakan dari lama.” ungkap Sarjono.
Melihat adanya kasus pohon tumbang yang terjadi pada beberapa bulan lalu, menjadi alasan FKM untuk segera merenovasi lapangan parkir tersebut menjadi tiga lantai. Selain lapangan parkir, pos satpam maupun area merokok juga ikut direnovasi.
Menurut Sarjono sendiri, renovasi lapangan parkir bertujuan agar indah dipandang juga untuk menciptakan keamanan dan kenyamanan bagi mahasiswa. Selebihnya, beliau belum tahu betul mengenai anggaran biaya dan rencana pembangunan lapangan parkir lebih lanjut.
Kemudian, untuk memastikan informasi tersebut pada Selasa (12/03) PH juga mewawancarai Siti Fatimah selaku Pembantu Dekan II FKM Undip mengenai lapangan parkir di FKM Undip yang kini tengah direnovasi. Alasan merenovasi lapangan parkir tersebut adalah karena sebelumnya pernah ada peristiwa pohon tumbang yang mengancam keselamatan mahasiswa serta dapat mengakibatkan kerusakan pada motor.
Menurut beliau, renovasi lapangan parkir tersebut menggunakan anggaran tahun 2016. Sebenarnya FKM Undip mempunyai target untuk menyelesaikan renovasi lapangan parkir beberapa waktu dekat ini, namun karena kendala hari libur perenovasian ini memakan waktu yang lebih lama.
”Tetapi masalahnya hanya bisa dikerjakan sabtu dan minggu itu mungkin akan menjadi lama hanya 2 hari, kalo bisa setiap hari mungkin lebih cepat. Seharusnya setiap pekerjaan kan harus ada alokasi waktu tetapi karena hanya bisa 2 hari maka renovasi harus dipercepat agar tidak mengganggu di bawahnya.” tutur Siti Fatimah.
Target untuk pembangunan ini adalah sebelum triwulan kedua atau bulan juni sudah selesai. Beliau menambahkan rencana yang termasuk ke dalam re-masterplan untuk membuat lapangan parkir bertingkat.
“Nantinya lapangan parkir mempunyai 3 lantai dan pada lantai 3 dapat bergabung dengan gedung B agar dapat memudahkan mahasiswa. Jadi, dari parkiran langsung ke gedung B.Rencana tersebut sudah dipersiapkan alokasi dananya dan sudah mulai dikerjakan.” imbuh wanita yang akrab disapa Bu Fat tersebut.
Selain lapangan parkir yang direnovasi, juga akan dibangun lapangan parkir sementara di belakang gedung C yang dapat menampung sekitar 20 mobil. “Karena nantinya ada mahasiswa S2 FKM Undip dari peleburan yang akan pindah ke kampus FKM Undip Tembalang. Jadi, kita juga membutuhkan lapangan parkir khusus, apalagi kan mahasiswa S2 pasti banyak yang menggunakan mobil.”
Dari segi keamanan sendiri, lapangan parkir akan diperketat oleh satpam untuk memantau keamanan lapangan parkir baik lapangan parkir atas maupun bawah. Mengingat CCTV yang sudah tidak berjalan dengan baik, beliau mengatakan akan mengganti dan menambah di setiap sisi parkiran jika nanti renovasi sudah selesai. CCTV dan satpam juga akan ditempatkan di lapangan parkir sementara di belakang gedung C.
Namun, dari Siti Fatimah sendiri mempunyai rencana untuk mengembangkan sistem keamanan baru menggunakan kartu seperti pada sistem parkir di mall. Kartu tersebut nantinya akan digunakan mahasiswa untuk masuk parkir. Jadi, selain mahasiswa yang tidak memiliki kartu tersebut tidak bisa sembarangan masuk. Beliau merencanakan untuk bekerja sama dengan bank dengan sistem sama-sama menguntungkan.
Re-masterplan lain yang juga menjadi rencana baru adalah pemindahan Dekanat ke belakang Gedung C yang anggaran untuk pembangunannya lumayan besar dan masih menunggu dana dari universitas dan dana lainnya.
Lalu bagaimana dengan bangunan Gedung Dekanat lama? Menurut Siti Fatimah, karena bangunan tidak boleh dihancurkan, maka Gedung Dekanat yang lama pun dalam perencanaan renovasi. Gedung Dekanat lama direncanakan akan dirubah menjadi perpustakaan pada lantai 2 dan 3. Sedangkan untuk perpustakaan lama dirombak dan diganti Laboratorium Komputer.
“Gedung Dekanat lama akan dijadikan 3 lantai. Sudah ada gambar untuk renovasi gedung dekanat lama. Menurut Konsultan nantinya di lantai 1 akan ada air mancur. Nah, jadi dari depan dekanat langsung bisa melihat ke gedung C. Sedangkan lantai 2 dan 3 untuk perpustakaan. Soalnya, kita juga butuh operasional komputer lebih banyak. Jadi, lab.komputer diperbesar digabung dengan perpustakaan.”
Adanya renovasi dan rencana-rencana baru tersebut diharapkan bukan lagi sekedar wacana. Sehingga, mahasiswa merasa nyaman dan aman terlebih mengingat lapangan parkir termasuk hal penting bagi kondusifnya lingkungan kampus. (Heni Purnamasari, Intan Dwinovita, Rafika Salma)


Publica Health

Publica Health

No comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.