Masukkan iklan disini!

Sosialisasi Menstrual Hygiene Kepada Para Siswi Sekolah Menengah Pertama negeri 03 Doro, Desa Harjosari, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan


(Sumber: Dok. Pribadi)

    Menstruasi merupakan istilah yang dipakai pada siklus bulanan yang terjadi pada wanita, berupa keluarnya darah dari vagina. Menstruasi umumnya hampir dialami oleh semua wanita. Menstruasi terjadi ketika lapisan dinding rahim (endometrium) luruh ketika sesudah mengalami penebalan akibat tidak adanya pembuahan antara sel telur dan sperma. Siklus menstruasi umumnya berlangsung selama 4 hingga 6 hari. Terdapat beberapa fase dalam menstruasi yakni fase menstruasi, fase folikuler, fase ovulasi, dan fase luteal. Rentetan kejadian dari siklus menstruasi tidak lepas dari peran penting hormon tubuh.

    Pada masa menstruasi berlangsung diperlukan perhatian khusus dari segi kebersihan. Hal ini dikarenakan, kondisi vagina dan sekitarnya menjadi lebih lembab dan memicu untuk terjadinya pertumbuhan bakteri. Apabila kebersihan selama masa menstruasi tidak dijaga dengan baik, maka akan berdampak pada sisi kesehatan seperti timbulnya infeksi pada vagina. Dengan itu dibutuhkan suatu penanganan khusus perilaku kebersihan selama menstruasi atau istilah lainnya yakni menstrual hygiene.

    Menstrual hygiene adalah pengelolaan kebersihan dan kesehatan pada saat perempuan mengalami menstruasi. Perempuan harus dapat menggunakan pembalut yang bersih, dapat diganti sesering mungkin selama periode menstruasi, dan memiliki akses untuk pembuangannya, serta dapat mengakses toilet, sabun, dan air untuk membersihkan diri dalam kondisi nyaman dengan privasi yang terjaga

    Berdasarkan analisis situasi yang telah dilakukan di sekitar lingkungan Desa Harjosari, ditemukan bahwa masih banyak remaja yang memiliki pengetahuan yang kurang seputar menstrual hygiene. Terdapat beberapa remaja perempuan tidak memiliki pemahaman yang tepat selama  masa menstruasi berlangsung dan sebagian beranggapan menstruasi merupakan hal yang tabu. Menstrual hygiene sangat penting diketahui dan dipahami remaja karena hal ini akan berkaitan langsung dengan kesehatan reproduksi jangka panjang.

    Berdasarkan analisis situasi yang telah dilakukan menjadi dasar pengambilan topik program monodisiplin yakni Sosialisasi Menstrual Hygiene dengan sasaran para siswi SMP Negeri 03 Doro. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman dan pencerdasan kepada para siswi seputar menstrual hygiene atau penanganan kebersihan selama masa menstruasi. Kegiatan ini meliputi sosialisasi dan praktik cara memasang dan membuang pembalut dengan benar.

    Program ini dilaksanakan pada hari Selasa, 23 Januari 2024 pukul 10.00 - 11.00, di aula SMP Negeri 03 Doro dengan total siswi yang mengikuti sosialisasi ini sebanyak 76 siswi. Sebelum kegiatan berlangsung, dari pihak sekolah membantu dalam mengkoordinasikan muridnya untuk berkumpul di aula sekolah. Selanjutnya, kegiatan sosialisasi diawali dengan perkenalan dan dilanjutkan dengan pemaparan materi dan tanya jawab dengan para siswi.

    Subtopik yang disampaikan ketika sesi pemaparan berlangsung antara lain, pemahaman seputar masa menstruasi (pengertian hingga siklus menstruasi), jenis-jenis alat penampung darah menstruasi, cara penggunaan pembalut sekali pakai, indikator dalam menstrual hygiene, dan dampak yang akan ditimbulkan bila kebersihan selama menstruasi tidak dijaga. Setelah kegiatan pemaparan berlangsung dilanjutkan dengan pembukaan sesi tanya jawab. Pada sesi ini para siswi antusias bertanya seputar menstruasi dan menstrual hygiene.

(Sumber: Dok. Pribadi)

    Setelah kegiatan sosialisasi, dilanjutkan dengan penyerahan poster sebagai bentuk media promosi kesehatan seputar menstrual hygiene untuk pada siswa SMP Negeri 03 Doro. Ibu Dyah selaku pihak kesiswaan SMP Negeri 03 Doro berharap dengan adanya sosialisasi Menstrual Hygiene ini dapat meningkatkan pengetahuan siswa dalam menangani kebersihan selama masa menstruasi dan untuk kedepannya mahasiswa KKN dapat terus mengalirkan serta menerapkan ilmu yang didapat ke masyarakat luas.

 

Penulis: Syifa Kusuma Mulyaningrum

DPL: Ojo Kurdi S.T., M.T., Ph.D

Lokasi KKN: Desa Harjosari, Kec. Doro, Kab. Pekalongan


No comments