Masukkan iklan disini!

Mari Kenali 7 Mitos dan Fakta Diabetes!

Sumber: Google


Diabetes adalah penyakit kronis yang tidak dapat dianggap sepele. Namun sayangnya, banyak orang yang masih belum paham betul akan penyakit diabetes, sehingga dengan mudah terpengaruh dengan mitos-mitos diabetes yang kurang tepat. Maka dari itu, penting untuk mengetahui mitos dan fakta seputar penyakit diabetes agar kesadaran masyarakat akan penyakit ini lebih meningkat.

Lalu apa saja mitos dan fakta dari penyakit kronis ini? Mari simak beberapa mitos serta faktanya!


-  Mitos: “Pengidap diabetes tidak boleh mengkonsumsi gula sama sekali”

Fakta: Meski penyebab diabetes disebabkan oleh kadar gula darah yang tinggi, bukan berarti penderita diabetes tidak boleh mengonsumsi gula sama sekali. Penderita diabetes tetap bisa mengonsumsi gula, namun sebaiknya dalam jumlah kecil, tidak terlalu sering, dan disesuaikan dengan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh.

 

-  Mitos: “Pengidap diabetes tidak boleh minum air es disaat makan berlemak, jika tidak adanya penggumpalan lemak yang membuat kenaikan berat badan”

Fakta: Faktanya air es akan memiliki suhu yang netral di asam lambung, sehingga tidak dapat di sangkut pautkan dengan lemak yang akan bergumpal. bahwa es batu hanya dibuat dari air putih yang didinginkan. Maka dari itu, dapat dipastikan air es tidak mengandung kalori, sehingga mengkonsumsinya tidak memicu kegemukan.

 

-     Mitos:Pengidap diabetes yang sudah menggunakan insulin tidak boleh berolahraga”

Fakta: Berolahraga justru penting untuk membantu mengontrol diabetes. Pengidap diabetes memang disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum berolahraga agar mengetahui jenis olahraga yang paling aman dan cocok untuk dijalani pengidap diabetes.

 

-     Mitos: “Diabetes selalu diturunkan dari orang tua”

Fakta: Meskipun orang tua memiliki penyakit diabetes, belum tentu semua keturunannya mengalami diabetes. Hal tersebut bisa terjadi apabila melakukan pencegahan timbulnya penyakit diabetes seperti melakukan pola hidup sehat dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan yang sehat serta menjaga berat badan ideal.

 

-  Mitos: “Pengidap diabetes bisa mengkonsumsi gandum tetapi tidak mengkonsumsi nasi”

Fakta: Baik gandum maupun nasi memiliki kadar karbohidrat dan glikemik yang sama, sehingga keduanya sama-sama mampu meningkatkan kadar gula.

 

- Mitos: “Diabetes hanya diderita oleh individu yang mengalami kegemukan”

Fakta: Individu yang tidak mengalami kegemukan, bahkan individu yang kurus sekalipun dapat mengalami diabetes akibat kekurangan insulin.

 

- Mitos: “Perempuan penyandang diabetes seharusnya tidak boleh hamil”

Fakta: Dengan pengendalian gula darah yang baik, perempuan penyandang diabetes tetap dapat mengandung dan melahirkan bayi yang sehat.

 

Demikian 7 mitos dan fakta tentang diabetes yang perlu diketahui. Mencegah diabetes lebih baik daripada mengobati. Konsultasikan lebih lanjut untuk pencegahan maupun penanganan diabetes di tempat pelayanan kesehatan kepercayaan Anda.

 

Sumber:

-   P2TPM. (2016). Mitos dan Fakta Diabetes. Diakses tanggal 25 Februari 2024 dari https://p2ptm.kemkes.go.id/

-     Tim medis siloam hospital. (2023). Bikin salah paham, ini 9 mitos diabetes yang perlu diluruskan. Diakses tanggal 25 Februari 2024 dari http://siloam.com/

-  Detik health. (2017). Minum Air Es Picu Penumpukan Lemak di Perut dan Bikin Gemuk. Diakses tanggal 24 Februari 2024 dari https://health.detik.com/

- Fatimah, R. (2023). Penyuluhan Bebas Hipertensi dan Diabetes di Kampung Pasar Rebo Desa Gunung Bunder 2 Tahun 2022. PROMOTOR, 6(1), 7-10.


No comments