Masukkan iklan disini!

Hari Kanker Sedunia 2024: Close the Care Gap, Menentang ‘Mereka’ yang Berkuasa

 

                                                                      Sumber: Google

Tanggal 4 Februari diperingati sebagai Hari Kanker Sedunia. Peringatan bertujuan mengajak masyarakat di seluruh dunia untuk melawan penyakit kanker dengan mencegah penyakit kanker yang dapat meningkatkan angka kematian melalui peningkatan kesadaran serta dorongan untuk mengambil tindakan terhadap penyakit kanker. Awal mula munculnya Hari Kanker Sedunia yaitu atas inisiatif dari organisasi kanker internasional terbesar yaitu UICC (Union for International Cancer Control). Pada tahun 2000, dilaksanakan acara KTT Dunia di Paris yang menghasilkan piagam yang berjudul “Piagam Paris Melawan Kanker” yang menjadi tanda diresmikannya Hari Kanker Sedunia pada tanggal 4 Februari setiap tahunnya.

Dilansir pada situs resmi World Cancer Day, Hari Kanker Sedunia tahun 2024 memiliki tema “Close the Care Gap” atau “Tutup Kesenjangan Perawatan” dengan sub tema kampanye yakni “Together, we challenge those in power” atau “Bersama-sama, kita menantang mereka yang berkuasa”. Dari tema Hari Kanker Sedunia 2024 ini diharapkan tidak terjadi lagi kesenjangan perawatan pasien kanker maupun bukan, dimana setiap orang berhak mendapat perawatan yang baik. Hari Kanker Sedunia ini juga menyuarakan pemerintah supaya lebih peduli terhadap penyakit kanker dengan menciptakan strategi untuk melawan adanya kesenjangan sehingga penderita penyakit kanker menurun. Sebagaimana kita ketahui bahwa penyakit kanker adalah penyakit ganas yang dapat menyebabkan kematian. Namun, ada jenis kanker yang jinak dan dapat disembuhkan tergantung stadiumnya. Penyebab kanker sendiri dimulai dari pola hidup tidak sehat seperti merokok bahkan faktor genetik.

Diperingatinya Hari Kanker Sedunia diharapkan dapat memberikan semangat serta dukungan kepada pasien penyakit kanker dan bersama-sama melawan penyakit kanker untuk kesembuhan pasien serta memberikan edukasi kepada masyarakat supaya dapat mencegah munculnya penyakit kanker pada diri sendiri. (Naya, Haura)


No comments