Masukkan iklan disini!

KKN TIM 1 Universitas Diponegoro 2023/2024 MAHASISWA KKN UNDIP MELAKUKAN PENDAMPINGAN MENABUNG : AJAKAN MENABUNG SEJAK DINI

 


Pekalongan, 24 Januari 2024 – Harjosari/Doro

Pelaksanaan Program Kerja Monodisiplin Mahasiswa KKN UNDIP di Desa Harjosari

    Menabung pada dasarnya adalah menyisihkan sebagian pendapatan hari ini untuk mengantisipasi kebutuhan di masa depan, baik yang tak terduga maupun yang terduga. Kegiatan simpan menyimpan Sebagian atau seluruh uang yang dimiliki dapat dimulai sejak dini bisa dari anak-anak melalui orang tua ataupun guru di sekolah. Hal ini memerlukan kesadaran dari diri sendiri untuk mengerti bagaimana pentingnya menyisihkan uang untuk di kemudian hari.

    Maka dari itu, mahasiswa KKN TIM 1 Undip 2023/2024 berupaya memberikan edukasi dan pendampingan kepada siswa – siswi Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Harjosari terkait ajakan pentingnya menabung sejak dini. Upaya ini dilakukan dengan melakukan sosialisasi yang berisi konsep dasar keuangan, manfaat, cara, serta sarana untuk menabung. Sebagai output lainnya, mahasiswa memberikan poster dan celengan target yang di desain menyertakan tanggal dalam sebulan agar para siswa/i dapat mengingat bahwa ditanggal tersebut mereka menyisihkan Sebagian datri uangnnya.

    Kegiatan edukasi berjalan dengan lancer dilihat dari interaktifnya siswa/i Madrasah Ibtidaiyah Islamiyah Desa Harjosari dalam menanggapi pertanyaan yang disampaikan. Harapannya dari penyuluhan ini dapat bermanfaat bagi para siswa/I dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.


KKN UNDIP

    Kuliah kerja nyata Universitas Diponegoro (KKN UNDIP) merupakan program yang dimana mahasiswa diberikan peran dan kesadaran sebagai mahasiswa dan calon sarjana untuk mengaplikasikan pengetahuan mereka untuk memecahkan masalah dalam pembangunan di masyarakat.

Dengan terlaksananya kegiatan ini,  diharapkan para siswa dapat memahami dan mempraktikkan cara menabung dengan  baik sejak dini. Dengan begitu, siswa/I mampu mengatur keuangan mereka sejak dini hingga masa depan yang lebih baik.



Penulis : Atizah Febriani Rafifah Rasyid / 12030120110104 (FEB/ Akuntansi)

DPL :      Ojo Kurdi, S.T., M.T., Ph.D. - NIP. 197303171999031001




No comments