Masukkan iklan disini!

Mengenal Lebih Dekat dengan Tembakau: Apa Dampak Buruknya Bagi Kesehatan?

 

Sumber: Google

 

Tembakau merupakan tanaman yang banyak dijumpai di Indonesia. Daunnya dapat diolah menjadi berbagai produk, seperti rokok, cerutu, dan tembakau kunyah. Di balik popularitasnya, tembakau menyimpan bahaya kesehatan yang perlu diwaspadai.

Tembakau mengandung lebih dari 7.000 bahan kimia, dimana 70 diantaranya bersifat karsinogenik (memicu kanker). Nikotin, tar, dan karbon monoksida merupakan beberapa contoh bahan berbahaya tersebut  yang dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan, antara lain:

  1. Penyakit pernapasan: merokok dapat meningkatkan risiko kanker paru-paru, bronkitis kronis, emfisema, dan Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK).
  2. Penyakit kardiovaskular: merokok dapat menyebabkan penyakit jantung koroner, stroke, dan penyakit arteri perifer.
  3. Kanker: selain kanker paru-paru, merokok juga dapat meningkatkan risiko kanker di bagian tubuh lain, seperti mulut, tenggorokan, laring, pankreas, ginjal, dan kandung kemih.
  4. Gangguan reproduksi: merokok dapat menyebabkan impotensi pada pria dan infertilitas pada wanita.
  5. Kehamilan dan persalinan: merokok selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran, kematian janin, dan cacat lahir.
  6. Dampak pada perokok pasif: menghirup asap rokok orang lain dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit pernapasan, kanker, dan penyakit jantung.

Oleh karena itu, diperlukan langkah terbaik untuk dapat menghindari dampak buruk tembakau, yaitu dengan tidak merokok dan menghindari asap rokok. Terdapat berbagai program dan layanan yang dapat membantu bagi perokok yang ingin berhenti, seperti konseling, terapi obat, dan dukungan kelompok. (Finansial)

 

 

Sumber informasi:

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia

(https://www.kemkes.go.id/](https://www.kemkes.go.id/)

World Health Organization

(https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/tobacco) (https://www.who.int/news-room/fact-sheets/detail/tobacco)

No comments