Masukkan iklan disini!

Museum Sangiran: Kilas Balik Manusia Purba

 

 Sumber: Google

 

Museum Manusia Purba Sangiran terletak di Krikilan, Kalijambe, Kabupaten Sragen. Tempat yang kerap dijadikan destinasi wisata sekaligus edukasi ini berjarak 17 km dari Kota Solo. Museum Manusia Purba Sangiran menjadi destinasi utama di Kabupaten Sragen. Letak Museum Sangiran berdekatan dengan Situs Purbakala Sangiran yang telah ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia oleh UNESCO pada 6 Desember tahun 1996.


Keberadaan Situs Sangiran menjadi gambaran dari kehidupan manusia di masa lampau. Dari hasil temuan, Situs Sangiran adalah situs prasejarah yang mempunyai peran penting untuk mempelajari evolusi manusia karena temuan fosil manusia purba yang lengkap bahkan terlengkap di Asia.


Museum Sangiran menyimpan berbagai tinggalan sisa-sisa kehidupan pada masa purba. Menyimpan koleksi purbakala sebanyak 13.806 koleksi, berupa fosil manusia, salah satunya adalah homo sapiens, binatang bertulang belakang, binatang laut dan air tawar, batuan, dan artefak batu.


Museum Sangiran merupakan wisata edukasi manusia purba yang harganya sangat ramah untuk pengunjung. Museum Sangiran sangat cocok dikunjungi sebagai wisata edukasi untuk mengenalkan sejarah manusia purba. Dapat menambah ilmu tentang peradaban manusia purba dan fosil hewan purba melalui display yang disajikan di Museum Sangiran. (Methania Prameswari Cahyani, Roekanatunnajwa, Syabina Qurrota A’yun)

No comments