Header Ads

ad

Museum Kretek Kudus, Satu-satunya Museum Rokok di Indonesia

sumber: google.com
Liburan sambil menambah wawasan memang asik, tidak ada salahnya jika kita mengunjungi museum rokok yang berada di Kota Kudus, Jawa Tengah ini. Jalan-jalan di Museum Rokok Kretek seru loh asal jangan sambil merokok ya.
Museum Kretek yang terletak di Jalan Getas Pejaten No. 155, Kecamatan Jati, Kudus, Jawa Tengah ini merupakan satu-satunya museum rokok yang ada di Indonesia. Museum ini memperkenalkan tentang sejarah kretek serta proses produksi rokok kretek dari pembuatan manual hingga menggunakan teknologi modern.
Di dalam museum ini banyak sekali item yang dapat menambah pengetahuan kita. Terdapat bahan dan peralatan tradisional rokok kretek, bungkus rokok tradisional, benda-benda promosi rokok di masa lalu hingga sekarang, miniatur proses pembuatan rokok kretek, foto-foto para pendiri pabrik kretek dan hasil produksinya serta dokumentasi kiprah Nitisemito yang mendirikan Pabrik Rokok Bal Tiga. Selain menyimpan aneka koleksi tersebut, Museum ini juga memiliki aneka rekreasi bagi berbagai kalangan.
Di luar museum terdapat Taman bermain anak-anak, rumah adat kudus, 3D Mini Movie, kios kuliner, serta Waterboom yang terletak di belakang museum. Hanya dengan merogoh kocek Rp 1.500,- di hari Senin-Sabtu dan Rp 2000,- di hari Minggu dan hari libur anda sudah bisa masuk ke kawasan Museum Kretek ini yang buka setiap hari mulai pukul 07.30-16.00 WIB.
Museum ini dikelola oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata di bawah naungan Pemerintah Kabupaten Kudus. Rokok kretek memang menjadi tulang punggung bagi masyarakat Kudus. Nah untuk lebih mengenal dan memahaminya, jika kalian mengunjungi  Kota Kudus jangan lupa untuk mampir ke Museum Kretek ini ya karena tidak akan kalian temui di tempat lain. (Fauzul Yusroh)

No comments