Header Ads

ad

Goa Terawang Kabupaten Blora: Kompleks Goa Terbesar di Jawa Tengah

sumber: google
Kabupaten Blora adalah salah satu kabupaten di Jawa Tengah yang berbatasan langsung dengan Bojonegoro, Jawa Timur. Kabupaten Blora tidak memiliki bagian laut sama sekali, sehingga objek wisatanya hanya terbatas di daratan saja. Salah satu ikon wisata Kabupaten Blora yang terletak di Desa Kedungwungu, Kecamatan Todanan. Lokasi goa terawang berada di kawasan goa seluas 13 hektar dan sekaligus menjadi kompleks goa terbesar di Jawa Tengah yang membuat Goa Terawang populer adalah keindahan cahaya matahari yang masuk dari celah-celah goa. Di langit-langit goa terdapat beberapa lubang alami yang lebarnya bervariasi. Lubang-lubang tersebut memungkinkan sinar matahari masuk ke dalam goa, dan dari sinilah nama Terawang berasal. Lubang-lubang tersebut menjadi semacam ventilasi sehingga sirkulasi udara di dalam gua cukup baik. Melalui lubang-lubang tersebut kita bisa melihat pohon-pohon jati dan pohon lainnya yang tumbuh di atas goa. Goa Trawangan terbentuk karena adanya endapan batu kapur yang berumur kira-kira 10 juta tahun.
Goa Terawang ini sendiri adalah salah satu goa yang ada di kawasan tersebut, dan masih ada juga goa-goa yang lain. Dengan menuruni anak-anak tangga sepanjang sekitar 15 meter, maka sampailah kami di mulut goa. Goa Terawang adalah sebuah goa yang memanjang, dimana di dalamnya terdiri dari 5 goa yang sambung-menyambung. Goa paling depan atau luar adalah Terawang 1, begitu seterusnya sampai Terawang 5 yang ada di bagian terdalam. Goa Terawang ini berada di tengah-tengah hutan jati di atas tanah milik Perhutani KPH Blora, jadi untuk kesana kamu akan menikmati keindahan hutan dengan pohon jati yang menjulang tinggi menutupi jalan.

Untuk menuju goa para pengunjung dapat menggunakan kendaran pribadi atau  menggunakan kendaraan umum setelah itu melanjutkan menggunakan ojek. Untuk pengguna kendaraan pribadi jangan takut tersesat karena lokasinya sudah tersedia di google maps yang dapat memandu anda. Pada waktu waktu tertentu goa ini sangat ramai seperti waktu hari raya, liburan sekolah, dan ketika ada tradisi sedekah bumi. Yuk berkunjung ke Blora. (Ratna Amalia)

No comments