Header Ads

ad

Kartini berkibar di FKM Undip


Photo : Tri Roshna Putra
21 April merupakan hari yang sangat berarti bagi kaum wanita di Indonesia. Pada tanggal ini diperingati sebagai hari Kartini. Sebuah perhargaan perjuangan yang tak sia-sia bagi si pejuang wanita Indonesia, Kartini. Kartini semasa hidupnya memperjuangkan hak-hak kaum wanita agar setara dengan kaum pria. Beliau memberikan panutan hidup kepada para wanita lewat kumpulan suratnya yang kemudian diterbitkan menjadi sebuah buku dengan judul “Habis gelap terbitlah terang”.

Fakultas Kesehatan Masyarakat Undip punya cara sendiri untuk memperingatinya. Melalui sebuah acara yang diadakan oleh sejumlah mahasiswa bagian Promosi Kesehatan di tengah-tengah jantung FKM Undip, hari Kartini menjadi lebih beda dan lebih menarik. Dengan memakai kostum bernuansa tahun perjuangan, mereka bersorak untuk memperingati hari Kartini. Yang menarik dari acara ini adalah dibukanya museum yang berisi tentang pembelajaran mengenai HIV/AIDs yang dinamai sebagai Museum AVA.

Acara perayaan Hari Kartini ini merupakan batu loncatan untuk acara selanjutnya yaitu Health Promotion Festival 2014 (HP Fest 2014). HP Fest sendiri adalah acara rutin tahunan yang diadakan oleh bagian Promosi Kesehatan FKM Undip. Rencananya HP Fest tersebut akan diadakan di bulan Juni mendatang. “Sebelumnya pesimis akan keberhasilan acara peringatan hari Kartini ini, tetapi dukungan dari sejumlah dosen menjadi penyemangat dan akhirnya acara tersebut ditutup dengan respon yang positif dan antusias dari mahasiswa di FKM Undip,” ujar Khansa Maulidta selaku ketua dari acara peringatan hari Kartini.” (Tri Roshna Putra)
Photo : Tri Roshna Putra

No comments