Header Ads

ad

Caring CoastEarth “Mangrove untuk Bumi”

Photo : PH
Memperingati hari bumi di tahun 2014 pada tanggal 22 April mendatang Atmosphere, komunitas pelindung bumi di Semarang, mengadakan acara penanaman mangrove. Acara dengan tema “Caring CoastEarth” ini dilakukan di pantai Maron, Semarang pada tanggal 12 april 2014. Acara yang biasa diadakan tiap tahun ini bertujuan untuk mengajak partisipasi seluruh masyarakat untuk peduli pada keadaan bumi. Acara ini juga didukung oleh Badan Lingkungan Hidup, Kehutanan Semarang dan Casiopeia Semarang serta mengundang seluruh komunitas pecinta alam Semarang.

Menurut ketua panitia kegiatan, Rizka Laila, dengan adanya penanaman pohon mangrove ini ia ingin Bumi bisa lebih dilindungi lagi. Karena dengan menanam pohon mangrove, manfaatnya pun dapat kembali kepada kita juga. Selain itu dengan kegiatan ini dapat mengajak partisipasi masyarakat khususnya, para mahasiswa untuk mengetahui manfaat dari mangrove, yaitu mencegah abrasi pantai. Penanaman mangrove ini sendiri dilaksanakan oleh 90 peserta dan 30 panitia.
Sebelum mulai menanam, para panitia dan peserta terlebih dahulu diberikan pengarahan oleh komunitas mangrove Maron tentang tata cara penanaman mangrove. Acara ini berlangsung dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 13.00 WIB. Dalam acara ini para peserta tidak sekedar menanam mangrove namun juga diperbolehkan untuk bermain di pantai dan diberikan doorprize dengan menjawab pertanyaan yang diberikan panitia. “Acara ini sangatlah bermanfaat selain berbuat untuk bumi, tetapi juga menambah wawasan kita sekaligus mendapatkan hiburan ditengah-tengah kesibukannya kuliah,” ungkap Ria, salah satu peserta (12/04). (Dhia Ghoniyyah)

No comments