Header Ads

ad

CFD Kampus untuk Green City

Photo : Dhia Ghoniyyah
Universitas Diponegoro mengadakan acara Car Free Day (Hari Bebas Kendaraan) pada Jumat , 25 April 2014 untuk memeringati Hari Bumi. Mahasiswa Undip diajak untuk berolahraga bersama. Akses jalan masuk mobil dan motor menuju Kampus Undip pun ditutup sementara dari pukul 06.00 – 09.00 WIB. Acara dimulai pukul 06.00 WIB di depan gerbang kampus Undip dengan rute menuju lapangan Widya Puraya. Sebelum menuju Widya Puraya, para mahasiswa dihibur oleh band perkusi di gerbang kampus Undip.
Pada kesempatan kali ini ikut pula perwakilan mahasiswa jurusan Ilmu Perpustakaan dalam rangka
memeringati Hari Buku Internasional yang jatuh pada 23 April lalu. Para mahasiswa tersebut ikut meramaikan acara Hari Bumi di Kampus dengan memimpin barisan sambil membawa spanduk bertuliskan “Read, Know, Share”. Mereka ingin menyampaikan pesan bahwa membaca buku dan berolahraga adalah dua hal yang sangat penting untuk dilakukan.
Acara puncak dimulai pukul 07.00 WIB dengan senam aerobik bersama di lapangan Widya Puraya. Para peserta terlihat sangat semangat mengikuti gerakan – gerakan senam yang dipimpin oleh instruktur. Tidak hanya melakukan senam aerobik, para peserta pun diajak untuk melakukan senam poco-poco. Seusai senam bersama acara dilanjutkan dengan sambutan dari Pembantu Rektor III, Drs. Warsito, SU. Dalam sambutannya beliau mengungkapkan, bahwa acara Hari Bumi di Kampus merupakan rangkaian acara untuk memperingati Hari Bumi, Hari Buku Internasional, dan Hari Kartini. Untuk kegiatan olah raga bersama sebenarnya sudah rutin dilakukan setiap hari Jumat. Bentuk olah raganya tidak hanya senam, tetapi juga dengan bersepeda, menanam dan sarapan bersama.
Memeringati Hari Bumi, Undip ingin mewujudkan Green City atau kota hijau berupa energi hijau, bangunan hijau, dan transportasi hijau. Berkenaan dengan kampus yang memiliki ruang terbuka hijau, Undip memiliki prestasi yaitu peringkat 3 Nasional dan peringkat 47 di Dunia sebagai green metric yaitu peduli penghijauan di tahun 2012. Undip sudah membuat transportasi hijau dengan menyediakan sepeda, dan juga track untuk jalan. Setelah acara sambutan selesai, PPLH (Pusat Pendidikan Lingkungan Hidup) menyerahkan bantuan tempat sampah kepada PR IV, Prof.dr.Sultana, Ph.D, untuk mewujudkan Undip sebagai kampus yang peduli bumi. Only one earth, hanya satu bumi yang kita lindungi begitu pesan ketua PPLH sekaligus menutup acara. Setelah acara ditutup, para peserta pun menyantap sarapan bersama yang telah disediakan gratis oleh penyelenggara. (Dhia Ghoniyyah)

No comments