Header Ads

ad

Pergerakan Lanjut Aliansi #GoUndipKTR

Membahas kelanjutan gerakan #GoUndipKTR, beberapa fakultas di Undip berembug di ruang BEM FKM Undip. Fakultas yang berkenan hadir pada Rabu,27 Maret 2013 adalah Fakultas Psikologi, Fakultas kedokteran, FPP dan FSM. Seperti yang Kawan Publica ketahui, terkait penandatanganan MoU oleh Rektor Undip,Prof. Soedarto tentang Kawasan Undip Bebas Asap Rokok 2015, rembug ini bertujuan untuk mengawal keputusan rektor tersebut agar lekas menjadi kenyataan.
Rembug sore itu membahas beberapa agenda berkelanjutan seputar cita-cita pembebasan Undip dari asap rokok. Setelah sebelumnya mengadakan roadshow ke FSM dan FPP, BEM FKM mengajak beberapa aliansi yang mendukung gerakan KTR untuk ikut roadshow ke FH dan FPIK. Pada sore itu, Rabu (27/3) tepatnya pukul 16.30 WIB, Departemen KP BEM FKM Undip segera menjelaskan mekanisme kelanjutan pergerakan Go Undip KTR ini. PoA (Plan of Action) yang akan diagendakan dibagi dalam dua jenis, yaitu agenda wajib dan sunah.

Sejauh ini fakultas-fakultas yang telah menyatakan bergabung ke dalam aliansi #GoUndipKTR adalah FK, PS Ilmu Keperawatan, FPP, PS Ilmu Gizi, dan FSM. Sementara Fakultas Psikologi yang perwakilannya hadir di ruang BEM FKM saat itu, belum bisa memberikan kepastian untuk ikut menjadi aliansi #GoUndipKTR, alasannya mereka perlu diskusi terlebih dahulu dengan civitas akademika psikologi. Menanggapi akan diberlakukannya KTR, perwakilan Fakultas Psikologi menuturkan bahwa jumlah perokok di lingkungan Psikologi lebih banyak dibanding jumlah perokok di lingkungan FKM, sehingga tidak mudah bagi mereka langsung memastikan untuk bergabung menjadi aliansi gerakan #GoUndipKTR. Fakultas Psikologi perlu memberikan pencerdasan di lingkungannya terlebih dahulu terkait gerakan #GoUndipKTR.
Sementara, bagi fakultas yang sudah sepakat menjadi aliansi gerakan #GoUndipKTR, diminta untuk mengirimkan delegasinya ikut roadshow minggu depan di FH dan FPIK. Selanjutnya akan diagendakan pula audiensi ke rektorat, yang melibatkan para petinggi BEM fakultas aliansi gerakan #GoUndipKTR. Gerakan #GoUndipKTR ini melewati serangkaian bentuk pendekatan, selain pendekatan terhadap mahasiswa, juga dilakukan pendekatan kepada birokrasi di tiap fakultas. Untuk memperlicin ruang gerak Undip KTR, para aliansi diharapkan melakukan pendekatan kepada dekan fakultasnya masing-masing terkait KTR.
Demikianlah diskusi aliansi ini diadakan, dengan maksud apa yang sudah diupayakan selama ini tentang perjuangan #GoUndipKTR bisa terus berlangsung, tidak hanya menjadi gerakan fiktif tanpa tindakan nyata. Tuan rumah FKM memberikan bingkisan CD gratis kepada para tamunya. CD tersebut berisi tentang kebobrokan perusahaan rokok lebih mendetail. (Selestin)

No comments