Header Ads

ad

Komitmen Berkarya Angkatan 5 Studio 8

Photo: Studio8
Pendidikan dasar (Diksar) Studio 8 FKM merupakan kegiatan rutin yang dilakukan oleh keluarga Studio 8 untuk melantik dan mengakrabkan anggota-anggota baru setiap tahunnya. Tahun 2013 ini, Diksar Studio 8 diadakan pada tanggal 6-7 April 2013. Acara ini berlokasi di daerah Ungaran, tepatnya Wisma Langen Wedharsih atau biasa disebut Wisma Lansia.
Sabtu pagi, 06 April 2013 rombongan berkumpul di Gedung Serba Guna Universitas Diponegoro (GSG), rombongan berangkat menuju lokasi kurang lebih pukul 07.00 WIB. Setibanya di lokasi tujuan, para peserta yang sudah dari awal penugasan diwajibkan membawa sarapan sendiri makan bersama sebelum melakukan upacara pembukaan. Setelah makan, para peserta dan panitia melakukan upacara pembukaan yang dipimpin oleh Ibnu dan Rhevi, selaku ketua panitia yang menjadi pembina pada upacara tersebut.
Materi pertama bertemakan Kepemimpinan dan Sejarah Studio 8 yang dimoderatori oleh Zainul dan pembicaranya adalah Mukhlis Reza Sukmana selaku pendiri Studio 8. Dalam materi ini, pemuda yang biasa disapa Reza ini menerangkan bahwa pemimpin yang baik itu harus responsive, tanggap lingkungan dan cerdas dalam memilih, serta setiap organisasi itu tidak selalu top-down, tetapi bottom-up. Materi kedua dimoderatori oleh Tinna Niaty dengan pembicaranya adalah Rezkiyantra selaku humas Studio 8 periode 2011/2012. Pada materi kedua ini bertemakan Managemen Event dan Sponsorship. Pembicara menerangkan pada peserta macam-macam event dan bagaimana cara yang baik agar proposal yang digunakan untuk mencari sponsorship bisa goal. Dua materi awal yang diberikan oleh pembicara disambut antusias oleh para peserta. Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan peserta saat diskusi.
Materi ketiga dilanjutkan setelah ishoma dan makan siang. Materi ketiga ini dimoderatori oleh Rhevi Dayana dan pembicaranya adalah Bapak Prihadi. Dengan mengusung tema Promosi, salah satu dosen FKM Undip ini juga menjelaskan bahwa mahasiswa Undip itu harus COMPLETE, yaitu Communicator, Professional, Leader, Educator, Thinker, Entrepreneurship. Dan selanjutnya materi keempat, yang sekaligus materi terakhir, dimoderatori oleh Chairunnisa Firaz, dengan pembicaranya adalah Muhammad Iqbal Masruri selaku keluarga Studio 8 angkatan ke-1. Materi ini bertemakan Motivasi dan Kebersamaan. Pada materi ini pembicara melakukan game kecil-kecilan untuk peserta. Para peserta sangat senang dengan adanya game tersebut. Canda tawa terdengar heboh ketika peserta yang ditunjuk untuk membacakan jawaban mereka tentang pertanyaan yang sudah diberikan. Serangkaian materi yang diberikan pun selesai sekitar pukul 16.30 WIB. Para peserta sudah diperbolehkan untuk istirahat sejenak hingga pukul 18.30 WIB dan dilanjutkan dengan makan malam.
Usai makan malam, keluarga Studio 8 berkumpul di halaman depan Wisma Lansia. Api unggun sudah menyala, pertanda pentas seni yang sudah ditugaskan sebelumnya akan ditampilkan oleh masing-masing kelompok. Sebelum acara dimulai, tidak sedikit dari beberapa kelompok melakukan latihan. Setelah itu, seluruh keluarga Studio 8 duduk melingkari api unggun yang sudah disiapkan panitia. Acara ini dihadiri dari angkatan ke-1 hingga angkatan ke-5 studio 8. Acara ini sangat meriah, pentas seni pertama dibawakan oleh kelompok Saxophone yang dimotori oleh Febi Abu Hanifah. Mereka mementaskan drama yang bertemakan tentang air bersih. Terdengar tawa penonton pada pementasan tersebut. Dewan juri pun juga sangat senang karena totalitas para pemain. Dilanjutkan kelompok Lighting menampilkan paduan suara, kelompok Sound menampilkan drama, kelompok Cable menampilkan girlband, kelompok Re Mi Fa menampilkan girlband dan diakhiri oleh kelompok Juenes menampilkan paduan suara.
Pada acara api unggun ini, empat surat cinta yang sudah ditugaskan sebelumnya dibacakan oleh Mutia Fitayuana selaku MC dan selanjutnya dibacakan lagi oleh peserta yang suratnya terpilih. Ada surat yang diberikan satu angkatan dan ada juga yang diberikan oleh angkatan ke-4. Penonton heboh ketika satu persatu surat dibacakan, tak sedikit dari suara sorak sorai penonton terdengar. Acara api unggun ini terlihat sangat mengakrabkan seluruh keluarga besar Studio 8. Acara ini selesai sekitar pukul 21.30 WIB, dan para peserta diperbolehkan untuk istirahat di kamar kelompok masing-masing.
Minggu pagi, 7 April 2013 sekitar pukul 02.00 WIB para peserta dibangunkan oleh panitia untuk berkumpul di halaman Wisma. Peserta ditugaskan membawa slayer dan senter. Pada kegiatan dini hari tersebut, peserta diberikan game dengan cara perkelompok berbaris kebelakang dengan mata tertutup dan ketua berada di barisan belakang untuk mengarahkan serta mencari clue yang sudah diberikan oleh panitia. Setelah semua kelompok menyelesaikan game tersebut, Reza memberikan pembinaan pada para peserta bagaimana kita berkomitmen pada Studio 8. Sekitar pukul 06.00 WIB peserta kembali berkumpul di halaman untuk melakukan senam pagi serta sedikit game yang diberikan panitia. Seusai senam, peserta melakukan sarapan dan dilanjutkan dengan outbound.
Outbound kali ini peserta diacak lagi pembagian kelompoknya. Mereka mebuat lingkaran selanjutnya berhitung. Dan akhirnya terbentuk kelompok ganjil dan kelompok genap. Kelompok ganjil terdiri dari kelompok Restu dan kelompok Firaz. Kelompok genap terdiri dari kelompok Zainul dan kelompok Ismi. Masing-masing kelompok ditugaskan untuk membuat yel-yel baru dan menyelesaikan lima pos yang sudah disediakan. Kelompok genap mengawali pemberangkatan pada pos pertama hingga keempat dan dilanjutkan dengan kelompok ganjil. Setelah keempat pos selesai, para peserta berkumpul di pos lima dan melakukan game yang di berikan berupa perang-perangan memperebutkan bendera kelompok lawan. Para peserta pun resmi dilantik sebagai keluarga Studio 8 angkatan 5. Usai pelantikan, disuguhkan video Studio 8 angkatan 4. Setelah itu, para peserta kembali pulang ke GSG. Selamat datang dan bergabung di Studio 8 angkatan 5! Be health be creative Studio 8 Heh!!! (Tri Uji Rahma)

No comments