Masukkan iklan disini!

Mengupas Potensi Terpendam di Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung.

Pasir Endah merupakan lokasi pemukiman yang cukup tersohor di Kota Bandung. Lokasinya yang cukup strategis meningkatkan minat pemukiman di sana. Masyarakatnya yang dapat dikategorikan ke dalam kelompok masyarakat perkotaan, cenderung kooperatif dan mau untuk bertukar pikiran.

Stigma tentang pemukiman itu sendiri ialah daerah yang padat penduduk dan cenderung tidak berkembang. Namun, siapa sangka bahwa masyarakat Pasir Endah memiliki sejumlah potensi yang mereka kembangkan di tengah pemukiman tersebut. Hal ini dapat mematahkan pemikiran dan stigma mengenai pemukiman yang tidak berkembang. Beberapa potensi kelurahan Pasir Endah ialah sebagai berikut

  1. Buruan Sae


    sumber : dokumen pribadi

    Buruan Sae merupakan potensi perkebunan yang ada di kelurahan Pasir Endah. Potensi ini di pelopori dengan cara berkebun di halaman masing-masing. Masyarakat sekitar, di arahkan untuk mulai berkebun di halamannya rumahnya namun tetap dalam pengawasan ketua Buruan Sae.

    Tujuan utama diadakannya aktivitas ini ialah untuk mencukupi ketahanan pangan keluarga. Masyarakat sekitar (khususnya RW 03) tidak perlu mengeluarkan uangnya untuk membeli sayur dan buah, karena sudah terpenuhi melalui aktivitas ini. Selain itu, sebagian hasil panen di jual ke pasar-pasar tumpah. Namun, karena berbenturan dengan pandemi, maka kegiatan penjualan ke pasar tumpah terpaksa dihentikan, dan penjualan hasil panen di jual sesuai pesanan.

    Buruan Sae sangat terbuka bagi siapa pun yang hendak ikut belajar mengenai perkebunan dan pertanian. Buruan Sae bahkan sudah sering menerima banyak mahasiswa yang melaksanakan praktik kerja lapangan, maupun menjadikan lahan tersebut sebagai objek penelitian.

  2. Kesenian Benjang



    sumber : dokumen pribadi

    Masyarakat Pasir Endah memiliki potensi dalam mengembangkan kesenian sunda khususnya Benjang dan Kuda Lumping. Sanggar ini sudah dibentuk sejak tahun 1980 dan kerap dikembangkan hingga hari ini. Anggota sanggar “Paku Sawargi” kurang lebih sekitar 40 orang.

    Tujuan utama pengembangan aktivitas kesenian ini, ialah untuk menghidupkan kembali kesenian sunda yang semakin hari kian redup. Biasanya latihan dilaksanakan setiap hari Sabtu/Minggu. Sanggar ini pun sudah meraih sejumlah prestasi unggul, memenangkan beberapa perlombaan bahkan menjadi pertunjukkan terbaik karena berani berinovasi untuk mengolaborasikan kesenian benjang dan kuda lumping dalam satu pertunjukkan.

    Sanggar Paku Sawargi terbuka bagi siapa saja yang hendak mendalami kesenian sunda. Ketua dari sanggar ini pun sudah berpengalaman dan memiliki kredibilitas dalam mengajarkan kesenian benjang dan kuda lumping.

  3. Susu Kambing Palalangon Farm


    sumber : dokumen pribadi

    Potensi selanjutnya ialah produksi susu kambing beserta olahannya. Produksi ini sudah berlangsung lama dan memiliki pasar serta konsumennya sendiri. Dimulai dari penjualan susu kambing, semakin hari semakin berkembang dengan melakukan inovasi dalam pengolahan susu kambing itu sendiri.

    Produk yang sudah dihasilkan ialah terdapat, susu kambing murni, yogurt, dan kefir. Semua produksi ini dilaksanakan secara home made dan tanpa campur tangan pabrik sehingga terjamin kualitas dan kemurniannya.

    UMKM ini ternyata memiliki peternakannya sendiri, sehingga kualitas dari susu kambing berani dipertanyakan. Terdapat kurang lebih 20 kambing di peternakan tersebut yang mampu menghasilkan susu setiap harinya. UMKM ini pun sudah memulai untuk melakukan penjualan secara online di beberapa marketplace.
Demikianlah macam-macam potensi tersembunyi yang ada di tengah pemukiman Kelurahan Pasir Endah, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung. Potensi-potensi ini harapannya bisa menjadi motivasi bagi banyak pihak untuk terus berkreasi dan mengeksplorasi kesempatan yang ada. Tentunya perlu dilaksanakan pengembangan terus menerus agar potensi tidak redup, dan publikasi yang optimal mengenai potensi itu sendiri. (Shabrina A Q, Peserta KKN Undip x Exovillage)

No comments