Galakkan Imunisasi, Mahasiswa KKN Undip X UNICEF Bantu Posyandu Kartini Ngaliyan Kenali Sistem Kampungku Rumahku "Rumah-Imunisasi"

sumber : dokumen pribadi

Semarang (28/11/21) – Sejak Indonesia dihadapkan dengan adanya pandemi Covid-19 pada 2019 hingga kini, banyak bidang yang terkena dampaknya, secara umum berdampak dalam bidang ekonomi, bidang pariwisata dan terkhususnya dalam bidang kesehatan. Penanganan virus corona menjadi fokus utama berbagai lintas sektor, namun dibalik hal itu ada penanganan penyakit lainnya yang tetap harus diperhatikan dan dilaksanakan secara terpadu di masa pandemi ini. Sesuai dengan tema KKN Tematik kali ini juga berfokus pada monitoring IDL (Imunisasi Dasar Lengkap) pada fokus penyakit PD31 (Penyakit yang Dapat Dicegah Dengan Imunisasi) di masa pandemi dan mengangkat sebuah solusi dengan metode Kampungku Rumahku “Rumah-Imunisasi”.

sumber : dokumen pribadi

KampungKu-RumahKu (KK-RK) merupakan suatu instrumen yang mengadopsi model My Village-My Home (MVMH) sebagai model dan konsep pemberdayaan masyarakat dalam kesehatan. Dikembangkan pertama kalinya oleh United States Agency for International Developement (USAID) melalui Maternal and Child Health Integrated Program (MCHIP). My Village-My Home (MVMH) adalah suatu alat yang bisa memberikan gambaran status kesehatan (termasuk imunisasi) secara visual di level masyarakat (komunitas). Melalui KK-RK ini menjadi media pantau yang bersifat manual dan offline, menampilkan daftar bayi yang dijadwalkan imunisasi, daftar bayi yang tidak lengkap status imunisasinya maupun yang drop-out dan daftar bayi yang memenuhi syarat mendapatkan jenis imunisasi pada jadwal berikutnya.

Untuk Posyandu Kartini wilayah RW 06 Kelurahan Ngaliyan tempat penulis melakukan KKN ketika memperkenalkan sistem ini pun disambut dengan antusias oleh para kader kesehatan dan ketua posyandu Kartini, Bu Bayu. Dengan adanya banner KK-RK ini nantinya akan diisi

sumber : dokumen pribadi

dengan 30 nama anak bayi dari umur tertua hingga ke muda dari bawah ke atas, informasi bayi dan status imunisasi yang didapatkan kemudian dipasang di tempat posyandu sehingga bisa dipantau oleh masyarakat bersama untuk bisa saling mengingatkan dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat dari kader, suami/ayah, dan masyarakat sekitar. Dengan adanya media banner KK-RK ini diharapkan dapat semakin membantu keberjalanan pantauan IDL di Posyandu Kartini di masa pandemi ini.

Penulis: Dea Milla Dharmawan (Fakultas Kesehatan Masyarakat)

Dosen KKN: Dr. Adi Nugroho, M.Si.

Tim KKN Tematik Undip x Unicef 2021

No comments