Manfaat dan Tips Memakai Sunscreen yang Wajib Kamu Ketahui

 


(sumber: Freepik.com)

Tahukah kamu, kalau penggunaan sunscreen dari serangkaian pemakaian skin care harus dilakukan? Hal itu disebabkan karena sunscreen melindungi kulitmu dari sinar UV yang dapat merusak kulitmu lho.

Sinar UV terbagi dua, yaitu sinar UVA dan sinar UVB. Paparan sinar UVA menimbulkan dampak kerusakan yang parah karena bisa menembus bagian kulit terdalam. Sedangkan paparan sinar UVB dapat menyebabkan kulit terbakar. Dampak paparan sinar UV dalam jangka pendek yaitu kulit terbakar matahari (sunburn), kulit menggelap, dan kulit kusam.  Sedangkan dalam jangka panjang dampaknya yaitu penuaan kulit, kulit keriput, kulit kendur, muncul bercak-bercak kecoklatan atau flek hitam bahkan meningkatkan risiko kanker kulit. Penggunaan sunscreen dapat mencegah terjadinya kerusakan kulit akibat paparan sinar UV baik dampak dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu, pengaplikasian sunscreen pada kulit sangat penting untuk dilakukan.

Memilih Sunscreen Berdasarkan Jenis Suncreen

Sebelum memakai sunscreen ketahui terlebih dahulu yuk jenis sunscreen. Jadi, kamu bisa mengetahui jenis sunscreen mana yang cocok sesuai jenis kulit. Sunscreen terbagi menjadi dua jenis, yaitu

  • Physical Sunscreen

Physical sunscreen atau yang biasa juga disebut mineral sunscreen bekerja dengan cara membentuk lapisan di atas kulit untuk memantulkan kembali paparan UV yang terkena kulit. Biasanya physical sunscreen memiliki masa perlindungan lebih lama dan dapat bekerja secara instan. Physical sunscreen cocok untuk kulit sensitif. Selain itu, jenis sunscreen ini juga lebih bersahabat pada kulit yang berjerawat, Kelemahan dari sunscreen jenis ini yaitu menimbulkan white

jenis sunscreen ini juga lebih bersahabat pada kulit yang berjerawat. Kelemahan dari sunscreen jenis ini yaitu menimbulkan whitecast setelah diaplikasikan ke kulit.

  • Chemical Sunscreen

Chemical Sunscreen bekerja dengan cara menyerap ke dalam kulit. Kemudian menyerap sinar UV, mengubahnya menjadi panas dan akhirnya melepaskannya dari tubuh. Suncreen jenis ini diformulasikan dengan berbagai bahan kimia aktif, seperti Oxybenzone, Octisalate, Octocrylene, dan lain-lain. Oleh karena itu, sebaiknya penggunaan sunscreen jenis ini dihindari bagi kamu yang memiliki kulit sensitif atau berjerawat. Namun, kelebihan chemical sunscreen yaitu lebih mudah diserap kulit dibandingkan physical sunscreen.

Memilih Sunscreen Berdasarkan SPF

Sun Protector Factor (SPF) dirancang untuk memberi tahu kamu sebaik apa produk tersebut melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan menentukan seberapa lama kamu dapat berhadapan dengan sinar matahari tanpa mengalami sunburn. Nilai SPF yang terkandung dalam sebuah produk, menentukan berapa kali waktu yang dibutuhkan untuk melindungi kulit. Semakin tinggi nilai yang tercantum maka semakin lama perlindungannya. Berikut ini merupakan perbedaan sunscreen berdasarkan SPF.

  • SPF 15

SPF 15 dapat menahan hingga 93% radiasi sinar UVB. Produk yang mengandung SPF 15, akan memberikan ketahanan selama 2,5 jam. Sunscreen dengan SPF 15 biasanya memiliki tekstur yang ringan. Jika kamu memiliki kulit berjerawat, sunscreen dengan SPF 15 sebaiknya menjadi pilihan.

  • SPF 30

SPF 30 dapat menahan hingga 97% radiasi sinar UVB. Produk yang mengandung SPF 30, akan memberikan ketahanan selama 5 jam. Sunscreen dengan SPF 30 biasanya memiliki tekstur yang ringan sampai sedang. Sunscreen dengan SPF 30 cocok untuk kamu yang memiliki kulit normal hingga berminyak. Selain itu, sunscreen jenis ini cocok untuk kamu dengan aktivitas yang sering di dalam ruangan.

  • SPF 50

SPF 50 dapat menahan hingga 98% radiasi sinar UVB. Produk yang mengandung SPF 50, akan memberikan ketahanan selama 8 jam. Sunscreen dengan SPF 50 memiliki biasanya tekstur yang kental sehingga berisiko menimbulkan komedo dibandingkan sunscreen dengan SPF 15 dan 30. Sunscreen dengan SPF 50 cocok untuk kamu yang memiliki kulit kering. Selain itu, sunscreen jenis ini cocok jika kamu memiliki aktivitas outdoor yang menuntutmu harus berada di bawah sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.

Tips agar Sunscreen Lebih Optimal

  • Gunakan sunscreen apapun warna kulitmu.
  • Gunakan sunscreen 15 menit sebelum terpapar sinar matahari.
  • Tetap gunakan sunscreen meskipun cuaca mendung atau bahkan hujan.
  • Tetap gunakan sunscreen meskipun beraktivitas di dalam ruangan seharian.
  • Aplikasikan sunscreen 2-3 jam sekali.
  • Aplikasikan sunscreen dengan tangan yang bersih.
  • Hindari beraktivitas di bawah sinar matahari dalam waktu yang lama.
  • Jangan lupa lakukan double cleansing saat membersihkan kulit pada malam hari agar residu sunscreen tidak menyumbat pori-pori.
Demikian manfaat dan tips memakai sunscreen. Semoga bermanfaat. (Aisyah Nurul Hidayah, dari berbagai sumber).


No comments